Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kol (Mar) Samson Sitohang Sebagai Komandan Denjaka TNI AL

  • Bagikan
Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kol (Mar) Samson Sitohang Sebagai Komandan Denjaka TNI AL
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar, pemegang Brevet Hiu Kencana dan Warga Kehormatan TNI Angkatan Laut Bambang Soesatyo mendukung penunjukan Kol (Mar) Samson Sitohang sebagai Komandan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL. Sekaligus mengapresiasi kepemimpinan Kol (Mar) Kresno Pratowo yang telah memimpin Denjaka pada periode 2021-2022, dan kini mendapatkan penugasan baru sebagai Wakil Komandan Lantamal VII/Kupang.

“Berbagai kinerja positif Denjaka dibawah kepemimpinan Kol (Mar) Kresno Pratowo harus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh Kol (Mar) Samson Sitohang. Sehingga Denjaka sebagai pasukan elite penanggulangan teror aspek laut TNI AL dengan julukan Hantu Laut, bisa senantiasa mewaspadai sekaligus menangani berbagai bentuk ancaman keamanan dan kedaulatan bangsa yang datang dari aspek laut. Seperti terorisme, sabotase, pembajakan, dan ancaman lain yang bersifat strategis,” ujar Bamsoet usai menghadiri Serah Terima Jabatan Komandan Denjaka TNI AL, di Mako Detasemen Jala Mangkara, di Jakarta, Senin (8/8/22).

Turut hadir antara lain, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Wadankormar Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Wadan Paspampres Brigjen TNI Oni Junianto, Danpasmar Brigjen TNI Hermanto, Danbrigif Kolonel Anggoro jati, serta Danmenbanpur Kolonel Witarsa.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, kondisi geografis sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudera, dengan perairan yang menjadi pusat jalur perdagangan laut dunia, menjadikan Indonesia sebagai center of gravity perdagangan dunia. Lebih dari 80 persen perdagangan dunia dilaksanakan melalui laut dan 40 persen diantaranya melalui perairan Indonesia.

“Mustahil bagi kita untuk menutup diri terhadap lalu lintas peradaban global. Hal ini menjadi kekuatan sekaligus membuka potensi ancaman. Kita titipkan keamanan aspek laut Indonesia kepada pasukan Denjaka, dimana kekuatan satu prajurit Denjaka seringkali disetarakan dengan 120 prajurit TNI biasa. Menandakan dahsyatnya kemampuan tempur prajurit Denjaka dengan spesialisasi anti teror, anti sabotase, anti pembajakan, serangan maritim dan misi pengumpulan intelijen, misi pencarian dan penyelamatan, serta pembongkaran bawah air,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum FKPPI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, pasukan Denjaka pernah membanggakan Indonesia tatkala berhasil membebaskan WNI kru kapal tanker MV Sinar Kudus dari teroris Somalia yang melakukan pembajakan dan penyanderaan pada tahun 2011.

“Jauh sebelumnya, Denjaka juga berhasil dalam operasi Aru Jaya tahun 1992. Mengusir Kapal Lusitania Expresso, kapal feri berbendera Portugal yang sedang berlayar menuju Dili, Timor Timur, yang disewa kelompok aktivis anti-integrasi Timor Timur terhadap Indonesia. Pasukan Denjaka juga ditugaskan untuk menjamin keamanan dan keselamatan Presiden Joko Widodo selama melakukan kunjungan kerja ke Ukraina dan Rusia beberapa bulan lalu,” pungkas Bamsoet. (ilm)

  • Bagikan