Survei : Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Indodana Naik di Kuartal II

  • Bagikan
Survei : Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Indodana Naik di Kuartal II
Direktur Indodana Jerry Anson /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Survei Net Promoter Score (NPS) yang dilakukan Bain&Company menyatakan kepuasan dan loyalitas pelanggan platform paylater Indodana meningkat di kuartal II 2022.

Hasil survei NPS menunjukkan Indodana meraih skor 48. Nilai tersebut lebih dari dua kali lipat lebih tinggi dari nilai NPS rata-rata dari survei yang dilakukan oleh Bain&Company.

“Ini adalah pertanda yang sangat positif, banyak pelanggan yang menyukai, puas, dan loyal dengan produk dan layanan kami,” kata Direktur Indodana Jerry Anson di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Jerry menuturkan bahwa lebih dari 62 persen dari pengguna Indodana dengan senang hati merekomendasikan Indodana kepada keluarga, teman, atau orang lain sebagai solusi pembayaran fleksibel dengan cicilan hingga 12 bulan.

“Indodana PayLater mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis, memberi kemudahan untuk dapat membeli barang yang dibutuhkan dan diinginkan,” ucapnya.

Pengguna Indodana mayoritas berusia 25-29 tahun dengan total sebanyak 28 persen responden. Sebanyak 21 persen pengguna berada pada rentang umur 30-34 tahun dan usia di bawah 25 tahun sebanyak 17 persen responden.

Berdasarkan jenis kelaminnya, pengguna Indodana hampir berimbang antara laki-laki dan perempuan. Responden laki-laki sebanyak 53 persen dan 47 persen merupakan kaum perempuan.

Indodana juga telah menjangkau banyak pengguna yang tinggal di berbagai kota di Indonesia. Terdapat 10 kota yang mencatatkan masifnya penggunaan produk dan layanan Indodana. DKI Jakarta mendominasi dengan 31 persen dari total responden berasal dari DKI Jakarta.

Sementara untuk profesi pengguna Indodana, 65 persen responden bekerja sebagai karyawan swasta dan wiraswasta 19 persen responden.

Kemudian sebanyak 52 persen responden mengaku menggunakan Indodana PayLater karena proses yang mudah dan cepat, adanya fitur cicilan, promo menarik, serta dapat digunakan untuk belanja kebutuhan mendesak.

“Lebih dari separuh responden merasakan bahwa menggunakan Indodana PayLater sangat mudah dan prosesnya cepat. Hal ini menunjukkan bahwa kami selalu berupaya memahami bagaimana memudahkan para pengguna untuk belanja apapun tanpa perlu membayar terlebih dahulu,” ujar Jerry,

Ke depan, lanjutnya, Indodana akan lebih meningkatkan layanan, edukasi, dan jangkauan agar semua orang bisa mengakses dan menggunakan Indodana PayLater.

Selain itu juga sebanyak 60 persen responden pengguna paling menyukai promo cicilan 0 persen. Oleh karena itu, selama Pekan Raya Jakarta, Indodana PayLater menawarkan promo cicilan 0 persen dengan berbelanja di banyak merchant rekanan Indodana yang hadir di PRJ, seperti Blibli Tukar Tambah, Samsung, OPPO, Vivo, Erafone, Advance dan masih banyak lagi.

“Indodana bersyukur dan berterima kasih atas penilaian dan kepercayaan pelanggan atau masyarakat. Pencapaian ini membuat kami terus terpacu untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat Indonesia,” ucap Jerry.

Adapun Survei NPS (Net Promoter Score) melibatkan 9.703 responden yang tersebar di lebih dari 8 kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan kota lainnya.

Survei tersebut menggunakan NPS sebagai metode pengukuran untuk menggambarkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk dan layanan Indodana. Skala angka NPS adalah dari -100 hingga 100. Nilai rata-rata NPS untuk industri perbankan di Indonesia adalah 23.4 dengan yang tertinggi adalah 55 dan yang terendah adalah minus 5. (ndi)

  • Bagikan