Masinton Sebut Mega Akan Sodorkan Nama MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo Setelah Masa Berkabung

  • Bagikan
Masinton Sebut Mega Akan Sodorkan Nama MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo Setelah Masa Berkabung
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekartoputri /net/ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan menyodorkan nama MenPAN-RB pengganti mendiang Tjahjo Kumolo ke Presiden Joko Widodo setelah masa berkabung.

Menurut Masinton, nama itu akan diserahkan dalam waktu tujuh hari setelah berkabung.

“Nanti saat yang tepat selesai masa berkabung, pasti Bu Mega akan sampaikan pada Pak Jokowi,” kata Masinton kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7).

“Minimal seminggu suasana berkabung,” imbuhnya.

Saat ini poisisi MenPAN-RB berstatus ad interim atau sementara diisi Mendagri Tito Karnavian.

Masinton mengatakan PDIP memiliki sejumlah nama potensial pengganti Tjahjo. Beberapa di antaranya seperti Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto, hingga Ketua fraksi PDIP di DPR Utut Adianto.

Namun, dia menyebutkan kewenangan menunjuk menteri sepenuhnya berada di tangan presiden.

“Mungkin selesai masa berkabung baru ada pembicaraan, kan tidak elok juga kalau keluarga masih berduka berkabung terus kita bicara jabatan itu kan nggak pas,” ucapnya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat 1 Juli 2022. Ia sempat menjalani perawatan selama dua minggu.

Politikus PDIP itu pun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Sempat diisi Mahfud, MenPAN-RB ad interim kini diisi Tito. Mantan Kapolri itu akan menduduki posisi tersebut hingga 15 Juli berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara.[prs]

  • Bagikan