Kakorlantas Ajak Masyarakat Tunjukan Kepedulian Lalu Lintas

  • Bagikan
Kakorlantas Ajak Masyarakat Tunjukan Kepedulian Lalu Lintas
Kakorlantas Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengajak masyarakat menunjukkan kepedulian berlalu lintas dengan menjadi polisi bagi diri sendiri untuk menekan kecelakaan di jalan raya.

“Kepedulian akan tertib lalu lintas harus selalu senantiasa tumbuh dari dalam diri,” kata Firman pada acara Kampanye Keselamatan Jalan Raya (Road Safety Campaign) dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 76 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (3/7).

Lokasi acara itu bertepatan dengan hari bebas kendaraan (CFD) yang digelar Pemprov DKI setiap Minggu pukul 06.00 hingga 11 WIB.

Dia menjelaskan berapapun banyaknya jumlah personel kepolisian yang ditambah serta berapapun banyaknya kamera pengawas yang ditambah namun sepanjang masyarakat belum menjadi polisi bagi diri sendiri maka yang didapatkan kepolisian hanyalah pembengkakan anggaran negara.

Mantan Kapolda Jambi ini meminta masyarakat mengutamakan keselamatan dan ketertiban, tidak menonjolkan ego dalam berlalu lintas, dan peduli kepada diri sendiri serta pengguna jalan lainnya.

Polisi, kata dia, tidak bisa bekerja sendiri dalam penertiban lalu lintas sehingga diperlukan sinergitas dari berbagai komunitas dan masyarakat pada umumnya.

“Tertib lalu lintas itu harus jadi suatu kebutuhan,” kata Firman menegaskan.

Kampanye Keselamatan Jalan Raya yang digelar untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-76 itu merupakan bagian dari program bimbingan dan penyuluhan (binluh) dari Korps Lalu Lintas Polri.

Korlantas Polri juga memberikan berbagai hiburan bagi masyarakat yang hadir di lokasi hari bebas kendaraan (CFD), Bundaran HI antara lain senam aerobic, penampilan polisi cilik, melukis dan penampilan musik dari Cakra Band yang personelnya berasal dari Mabes Polri.[prs]

  • Bagikan