Satu Calon Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Wafat dalam Penerbangan ke Madinah

  • Bagikan
jamaah haji
ilustrasi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Satu orang jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan kelompok terbang (kloter) 01 wafat dalam penerbangan ke Madinah, Arab Saudi.

Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin diterbangkan pada Minggu (12/6) malam sekitar pukul 23.40 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru dengan jumlah jamaah sebanyak 357 orang, termasuk petugas haji.

“Benar, kabar duka tersebut, satu calon haji kloter 01 Kalsel wafat,” ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel Muhammad Tambrin seperti dikutip dari Antara, Senin.

Menurut dia, calon haji yang wafat itu dari Kabupaten Balangan atas nama Samsinah binti Usman Hasbulah (50). Meninggal Senin sekitar pukul 00.30 WIB dalam penerbangan sebelum transit di Bandara Medan, Sumatera Utara.

“Kita menyampaikan terima kasih pada pihak Garuda dan Angkasa Pura yang akan memulangkan jenazah calon haji ke daerah asal yang meninggal dunia itu,” ujarnya.

Tambrin menyampaikan bahwa calon haji yang wafat ini sudah berniat haji, wafat di perjalanan sudah menjadi nilai berhaji. “Semoga beliau mendapat nilai pahala berhaji,” ujarnya.

Menurut dia, untuk jamaah calon haji kloter pertama meneruskan penerbangan ke Bandar Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz atau Bandar Udara Madinah, Arab Saudi.

“Dijadwalkan pesawat kloter 01 Kalsel mendarat sekitar pukul 03.10 WAS (Waktu Arab Saudi),” ujarnya.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel akan menerbangkan tujuh kloter, yaitu lima kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu, dua kloter lainnya dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.

Untuk pemondokan di Arab Saudi, jamaah haji dari Embarkasi Banjarmasin berdasarkan sistem zonasi penempatan jamaah haji di Makkah tahun 2022, menempati wilayah Jarwal.[prs]

  • Bagikan