Pimpinan DPR Usul Aceh Jadi Satu-Satunya Embarkasi Jemaah Haji Indonesia

  • Bagikan
Pimpinan DPR Usul Aceh Jadi Satu-Satunya Embarkasi Jemaah Haji Indonesia
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar Provinsi Aceh menjadi satu-satunya embarkasi bagi jemaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang menjadikan usul ini penting untuk dipertimbangkan, salah satunya terkait jarak tempuh yang lebih singkat dan adanya nilai sejarah.

“Jarak tempuh hanya enam jam, dari Aceh ke Arab Saudi. Kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekkah,” kata Dasco, dalam keterangan persnya, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, ia berharap usulan ini juga dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien.

“Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi para jamaah haji. Namun, tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal,” harap politisi Partai Gerindra tersebut.

Untuk itu, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini meminta agar komisi teknis di DPR RI terkait, khususnya Komisi VIII DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Agama RI untuk mengkaji usul tersebut secara lebih mendalam dan komprehensif.

Pada tahun ini, diketahui bahwa Kementerian Agama sudah memutuskan untuk pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi. “Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief dilansir dari situs resmi Kementerian Agama pada Rabu, 11 Mei 2022. (ndi)

  • Bagikan