Menkes Budi Ungkap Kasus Varian Covid BA.4 dan BA.5 Mulai Menyebar di Indonesia Sejak Mei

  • Bagikan
Menkes Budi Ungkap Kasus Varian Covid BA.4 dan BA.5 Mulai Menyebar di Indonesia Sejak Mei
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kasus mutasi SARS-CoV-2 Omicron baru yakni subvarian BA.4 dan BA.5 sudah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia sejak Mei 2022.

Ia mengatakan saat ini terdapat empat kasus BA.4 dan BA.5 yang terdeteksi di Bali.

Dua subvarian baru itu saat ini menjadi varian yang diwaspadai di sejumlah negara. Singapura bahkan memprediksi gelombang baru Covid-19 akibat varian Omicron tersebut bakal ‘menyerang’ Singapura pada Juli mendatang.

“Varian baru juga sudah kita identifikasi tadi malam, tapi itu sebenarnya kejadiannya di akhir bulan Mei,” kata Budi kepada wartawan, Jumat (10/6).

Budi menyebut, penyebaran varian Covid-19 menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan jumlah kasus paparan virus corona harian di Indonesia. Namun ia meminta masyarakat untuk tidak panik.

Ia juga mewanti-wanti agar masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Selain itu, warga yang belum sama sekali menerima vaksin Covid-19 maupun yang belum menerima vaksin primer lengkap diminta untuk segera mengakses layanan vaksinasi di fasilitas kesehatan.

“Saya ingin sampaikan ke masyarakat ya tidak usah terlalu khawatir-khawatir amat, karena kan kenaikannya dari 100 ke 500 kasus dan kita lihat kecepatannya dibandingkan lebaran tahun lalu dan liburan tahun baru kemarin laju kenaikannya jauh lebih rendah,” jelasnya.[prs]

 

  • Bagikan