Hadir di Rakernas NasDem, JK: Tahun Romantis Cari Pasangan yang Cocok

  • Bagikan
Hadir di Rakernas NasDem, JK: Tahun Romantis Cari Pasangan yang Cocok
/net/inilah.com
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyebut, tahun 2022 inu merupakan tahun romantis untuk berpolitik.

Sebab, di tahun ini banyak pihak yang sedang mencari pasangan untuk bisa maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikannya saat memberikan materi seminar yang bertajuk ‘Perjalanan Bangsa dalam Kepemimpinan Nasional’ dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasional Demokrat (NasDem), di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

“Banyak yang katakan tahun ini politik akan panas. Saya katakan tidak, ini yang romantis,” kata JK.

“Karena sama kayak orang pacaran, semua cari pasangan yang cocok, memenuhi syarat, cari pasangan. Begitulah suasana politik. Kadang keras, romantis, ujungnya yang terbaik terpilih. Memang tidak mudah jadi tahun romantis karena banyak hal jadi faktor,” imbuhnya.

Menurut JK, elektabilitas menjadi satu di antara beberapa faktor kendala para aktor politik mencari pasangan.

“Pasangan, partai dan elektabilitas. Ini jadi satu suasana sulit. Elektabilitas tinggi tapi tidak ada partai. Ada yang terbaik punya partai, punya partai tapi tidak terbaik,” ucapnya.

Selain itu, parliamentary thershold yang tinggi juga menjadi faktor.

JK menilai parliamentary threshold sering kali menjadi batu sandungan partai-partai karena mereka ingin mengusung kader, namun tidak bisa karena terhalang syarat persentase untuk mengajukan calon.

“Partai yang menengah atas itu, ya, memenuhi syarat. Tapi kalau elektabilitas tinggi tapi tidak ada partai? Jadi bagaimana gabungan dua ini? Jadi yang ambil peranan bukan partai besar, tapi partai menengah,” tandasnya.[prs]

  • Bagikan