Ganjar Jadi Capres Rekomendasi NasDem, PDIP: Silahkan Saja

  • Bagikan
ganjar
Ganjar Pranowo/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengaku tak keberatan dengan masuknya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Puan juga menilai keputusan itu tak masalah meskipun Ganjar merupakan kader PDIP. Ia menyebut setiap partai politik (parpol) punya mekanisme masing-masing dalam menentukan bacapres dan cawapres.

“Oh ya enggak [terganggu] lah. Itu kan masalah internal setiap parpol masing masing punya mekanismenya. Jadi biasa saja,” kata Puan di Kantor PDIP, Jakarta Selatan pada Sabtu (18/6).

“Jadi, ya silakan saja itu mekanisme setiap parpol berbeda beda. Jadi menurut saya sah sah saja,” imbuhnya.

Sama halnya dengan NasDem, Puan menjelaskan partai berlogo kepala benteng itu juga punya mekanisme sendiri terkait penentuan bacapres dan cawapres.

Nantinya, kata Puan, bacapres dan cawapres itu akan diumumkan pada saat kongres partai. Sementara penentuan bacapres dan cawapres ditentukan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Di PDIP sesuai amanat kongres bahwa nanti yang akan menjadi bacapres nanti adalah merupakan hak prerogatif dari ketua umum,” ujar dia.

Diketahui, Dalam Rakernas NasDem semalam, tiga nama akhirnya diputuskan NasDem menjadi bakal capres yakni Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menjadi satu-satunya bacapres dari partai luar yang dipilih NasDem.[prs]

  • Bagikan