Wapres Zimbabwe Kunjungi Indonesia Selama Sepekan

  • Bagikan
Wapres Zimbabwe Kunjungi Indonesia Selama Sepekan
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Presiden Zimbabwe Constantino Chiwenga, yang merangkap sebagai menteri kesehatan dan perlindungan anak, pada Minggu (15/5) tiba di Jakarta untuk melakukan kunjungan kerja selama seminggu di Indonesia.

Kegiatan Chiwenga dimulai dengan menemui Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin untuk membahas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara, menurut keterangan KBRI Harare yang diterima di Jakarta, Senin (16/5/2022).

“Kunjungan tingkat tinggi ini menandakan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Zimbabwe telah meningkat khususnya menguatnya hubungan ekonomi kedua negara,” kata Duta Besar RI untuk Zimbabwe Dewa Made J. Sastrawan yang mendampingi Chiwenga selama berada di Indonesia.

Dalam kunjungan itu, pemerintah Zimbabwe ingin menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Indonesia di bidang farmasi di negara itu.

Untuk itu, setelah bertemu Ma’ruf Amin, Wapres Zimbabwe akan melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin guna membicarakan perluasan kerja sama di bidang kesehatan masyarakat, pelayanan kesehatan dan pengembangan industri farmasi.

Menurut Sastrawan, Zimbabwe ingin mempelajari keberhasilan Indonesia dalam pembangunan bidang kesehatan.

Dia menambahkan bahwa Zimbabwe memandang Indonesia sebagai negara yang dinilai berhasil melakukan pembangunan ekonomi nasional untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Untuk itu, Chiwenga ingin mengajak Indonesia bekerja sama melaksanakan dan membantu pembangunan ekonomi nasional Zimbabwe berdasarkan pengalaman Indonesia di bidang kesehatan dan farmasi, dan infrastruktur transportasi, khususnya pengembangan kereta api angkutan barang, serta kerja sama bidang pertanian dan pengairan, menurut KBRI Harare.

Dalam kunjungan kerja itu, Chiwenga yang didampingi Menteri Pertanian dan Pengairan, Wakil Menteri keuangan, Wakil Menteri Urusan Pemerintahan Daerah dan beberapa pejabat lain Zimbabwe akan menghadiri pertemuan Sanitation Water for All (SWA) pada segmen pertemuan menteri yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, UNICEF dan SWA pada 18-19 Mei.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Presidensi G20 Indonesia itu rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (18/5).

Wapres Zimbabwe juga berencana mengunjungi Bio Farma di Bandung untuk menjajaki kerja sama produksi farmasi di Zimbabwe dan distribusi produk di pasar Afrika bagian selatan.

Selama kunjungan kerja di Bandung, Chiwenga juga akan melakukan kunjungan ke Pindad untuk menjajaji pembelian produk-produk pertahanan oleh Zimbabwe.

Chiwenga juga akan mendatangi LEN untuk bertemu dengan direksi LEN Railways System (LRS), anak perusahaan LEN dalam dua tahun terakhir telah mengadakan pembicaraan dengan National Railways of Zimbabwe (NRZ) untuk kerja sama revitalisasi sistem sinyal jaringan kereta api di Zimbabwe.

Wapres Zimbabwe juga akan bertemu dengan direksi Surya Energi Indotama (SEI), anak perusahaan LEN yang telah mengadakan penjajakan kerja sama pembangunan pusat pembangkit listrik tenaga surya di Zimbabwe. (ndi)

  • Bagikan