Upaya Pulihkan Ekonomi, Inilah Empat Strategi Gernas BBI Versi Kemendag

  • Bagikan
Upaya Pulihkan Ekonomi, Inilah Empat Strategi Gernas BBI Versi Kemendag
Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto mengungkapkan empat strategi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Suhanto saat membuka kegiatan forum tematik Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dengan tema “Pemulihan Ekonomi Melalui Gernas BBI” di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

“Untuk mendukung Gernas BBI, Kementerian Perdagangan memiliki empat strategi, yaitu pertama penguatan dari segi regulasi untuk memastikan lapangan usaha bagi pelaku UMKM,” kata Suhanto lewat keterangan persnya, Rabu (18/5/2022).

Strategi kedua, yakni memfasilitasi UMKM dengan tujuan penguatan kemampuan manajerial dan peningkatan kemampuan produksi UMKM.

Ketiga, meningkatkan akses pasar baik dalam negeri dan di luar negeri bagi produk lokal. Terakhir, mengedukasi masyarakat untuk bangga terhadap produk Indonesia dan produk yang diproduksi di Indonesia melalui Kampanye Gernas BBI.

Beberapa target utama Gernas BBI antara lain peningkatan jumlah UMKM/IKM termasuk pelaku ekonomi kreatif untuk turut terjun dalam ekosistem digital; peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal; dan peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal.

Ditegaskan Suhanto, Kemendag terus menjalankan program-program yang dapat mendukung efisiensi dan efektivitas di bidang perdagangan melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, maupun pemangku kepentingan terkait lainnya, seperti pelaku usaha dan asosiasi.

Selain itu, Kementerian Perdagangan konsisten menyediakan informasi dan membuka akses untuk penetrasi pasar tujuan ekspor. Misalnya, melalui perwakilan perdagangan Kementerian Perdagangan yang ada di luar negeri.

“Untuk mendukung peningkatan produktivitas, pemerintah mengupayakan pengembangan ekosistem digital. Digitalisasi UMKM yang masuk ke e-commerce dan marketplace yang jumlahnya terus bertambah. Gernas BBI sejauh ini mampu mengakselerasi UMKM untuk tergabung dalam ekosistem digital,” imbuhnya.

Menurut Suhanto, Forum Bakohumas memiliki peran sangat strategis untuk mengkampanyekan dan mengkomunikasikan Gernas BBI kepada masyarakat luas.

“Bakohumas merupakan wadah koordinasi seluruh humas pemerintah, lembaga negara, dan BUMN yang saat ini anggotanya lebih dari 180 instansi, memiliki peranan dan fungsi sangat strategis,” kata Suhanto.

Sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, lanjut Suhanto, yaitu untuk mempercepat arus informasi antar kementerian dan lembaga pemerintah, terutama untuk mengkomunikasikan kegiatan Pemerintah kepada masyarakat pada kesempatan pertama.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Ketua Bakohumas & Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong yang diwakili Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Hasyim Gautama.

Dalam paparannya yang dibacakan Hasyim Gautama, Ketua Bakohumas Usman Kansong menegaskan sinergi humas pemerintah dan BUMN sangatlah penting.

“Saya sampaikan dalam kesempatan ini adalah mengenai sinergitas seluruh unsur pemerintah, utamanya humas dari seluruh K/L dan BUMN. Sinergitas yang kuat menjadi unsur penting dalam upaya mempercepat proses diseminasi informasi melalui kanal informasi yang dimiliki oleh instansi pemerintah,” tegasnya.

Menurutnya, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sebagai bentuk dukungan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terkena dampak pandemi COVID-19.

“Gerakan untuk menghidupkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap produk buatan UMKM buatan bangsanya sendiri tersebut tentu tak lain bermuara pada pemulihan perekonomian bangsa,” katanya. (ndi)

  • Bagikan