Sebanyak 27 Kabupaten-Kota di Jabar Promosikan UMKM di KKJ

  • Bagikan
Sebanyak 27 Kabupaten-Kota di Jabar Promosikan UMKM di KKJ
ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sebanyak 27 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat (Jabar) mempromosikan UMKM di ajang Karya Kreatif Jabar (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) Tahun 2022 yang digelar di Kota Bandung, mulai tanggal 14-16 Mei 2022 di Trans Convention Centre Bandung.

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengemukakan, seluruh 27 Pemda Kabupaten dan Kota di Jabar, serta 56 OPD ikut ambil bagian dalam event ini.

“Seluruh pemda dan OPD di Jabar bersama-sama mempromosikan produk UMKM, budaya dan pariwisata melalui event ini,” kata Atalia seusai menghadiri pembukaan ajang Karya Kreatif Jabar (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) Tahun 2022, Sabtu (14/5).

Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jabar dan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat menggelar event Karya Kreatif Jabar dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2022.

Menurut Atalia Jabar memiliki lebih dari 56.000 UMKM yang harus didukung terutama dalam promosinya, salah satunya melalui kolaborasi dengan Bank Indonesia di event KKJ dan KKJB ini.

Ajang KKJ dan PKJB 2022 mengusung tema “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, KKJ Tahun 2022 disinergikan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022 sebagai rangkaian untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI), serta merupakan side event G20.

Opening ceremony dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto menyebutkan terjadi transaksi pada hari pertama senilai Rp10,8 miliar yang melibatkan 13 UMKM unggulan Jabar.

“Nilainya pasti akan bertambah hingga akhir penutupan Senin nanti,” kata Herawanto.

Menurut Herawanto, rangkaian KKJ — PKJB 2022 mengikutsertakan 12.000 UMKM unggulan Jawa Barat yang terdiri dari produk kriya, fashion, kuliner, kopi dan teh, serta pariwisata khas Jawa Barat.

“Ada berbagai kegiatan, di antaranya display produk atau showcasing, talkshow, dan digital discussion, business matching, dan sebagainya,” ujarnya.

Selain itu acara dimeriahkan pula dengan interactive booth dan fashion show yang akan menampilkan secara detail produk UMKM dan produk kreatif unggulan Jabar secara interaktif.

  • Bagikan