SEA GAMES 2021 – Basket Putra Indonesia Pastikan Setidaknya Raih Perak

  • Bagikan
SEA GAMES 2021 - Basket Putra Indonesia Pastikan Setidaknya Raih Perak
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tim nasional bola basket putra Indonesia memastikan setidaknya akan meraih medali perak SEA Games 2021 setelah mengalahkan Vietnam 94-67 dalam lanjutan kompetisi di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Sabtu (21/5/2022).

Hasil tersebut menjadi kemenangan kelima dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan dan Indonesia dipastikan akan finis setidaknya di posisi kedua klasemen akhir bola basket putra yang menerapkan turnamen berformat round robin.

Andakara Prastawa dkk saat ini menempati posisi kedua, tetapi tertinggal jauh dalam akumulasi skor dibandingkan Filipina, yang berada di puncak, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 10 poin.

Indonesia masih berpeluang meraih medali emas apabila mampu mengalahkan Filipina dalam pertandingan pemungkas yang tak ubahnya menjadi partai final penentuan medali emas SEA Games 2021 pada Minggu (22/5) besok.

Baca juga: Tekuk Singapura, timnas basket catatkan kemenangan keempat beruntun
Baca juga: Derrick Michael lebih percaya diri tampil bersama timnas basket

Dalam kemenangan kontra Vietnam, Derrick Michael jadi pemain paling menonjol dengan kontribusi dwiganda 22 poin dan 15 rebound setelah melantai nyaris 30 menit. Juan Laurent Kokodiputra menambahkan 13 poin, sedangkan Brandon Jawato turut menyumbang 12 poin.

“Penampilan malam ini cukup bagus, tapi kami bisa lebih baik daripada ini. Lima kemenangan beruntun bisa kami dapat karena kami bekerja keras latihan selama di Jakarta,” kata pelatih timnas basket Indonesia Milos Pejic di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Sabtu.

“Kami bekerja keras dan akhirnya kami sampai di titik ini, kami akan memainkan pertandingan final.”

“Semua orang pasti tahu bagaimana kualitas pemain Filipina, mereka adalah salah satu tim terbaik di Asia, tapi kami akan berusaha keras untuk besok,” kata dia menjelaskan.

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977 silam dan selalu harus puas dengan perak di bawah Filipina, yang memang punya reputasi sebagai raja bola keranjang Asia Tenggara bahkan tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan.

Di SEA Games 2019 lalu, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.

  • Bagikan