Punya Kekayaan Rp3.213 Triliun, Elon Musk Kokohkan Diri Jadi Orang Paling Kaya Sejagat

Elon Musk , elon

Realitarakyat.com – Elon Musk masih menjadi orang paling kaya sejagat versi Forbes di 2022. Elon Musk adalah pendiri perusahaan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla Inc., dan armada luar angkasa SpaceX.

Forbes mencatat kekayaan Musk tembus US$219 miliar atau sekitar Rp3.213,2 T tahun ini.

Belum lama ini, Musk juga diketahui sedang dalam proses akuisisi saham Twitter senilai US$44 miliar.

Di posisi kedua orang terkaya di dunia ditempati Jeff Bezos, pemilik Amazon dengan total kekayaan mencapai US$171 miliar. Kekayaaan pengusaha asal Amerika Serikat itu turun dibandingkan 2021.

Urutan ketiga orang terkaya di dunia versi Forbes adalah Bernard Arnault dan keluarga. Arnault mengelola brand fesyen blue chip LVMH yang membawahi 70 merek fesyen dan kosmetika, termasuk Louis Vuitton dan Sephora dengan kekayaan mencapai US$158 miliar.

Bill Gates menempati urutan kelima berkat keuntungan dari Microsoft. Total kekayaannya mencapai US$129 miliar. Menutup lima besar Forbes ada Warren Buffett, investor tersukses sejauh ini lewat kepemilikannya atas Bank of America, Apple, Coca-Cola, Kraft Heinz dengan total kekayaannya mencapai US$118 miliar.

Posisi Musk itu memantapkan langkahnya. Padahal catatan Forbes saat kekayaan Musk meningkat, perang, pandemi, dan kelesuan ekonomi menggerus banyak kekayaan para miliarder dunia pada tahun ini.

Forbes mencatat ada 2668 orang kaya di dunia. Jumlah ini lebih sedikit 87 orang dari yang tercatat tahun lalu. Nilai kekayaan juga berkurang US$400 miliar dari US$12,7 triliun di 2021.

Penurunan paling dramatis terjadi di Rusia, di mana jumlah miliarder berkurang 34 orang dari tahun lalu setelah invasi Vladimir Putin ke Ukraina. Jumlah miliarder juga berkurang di China, di mana kebijakan pemerintah yang mengekang teknologi perusahaan telah menyebabkan 87 miliarder China hilang dari daftar.

Di sisi lain, Forbes menemukan lebih dari 1.000 miliarder baru yang lebih kaya dari tahun lalu. Termasuk yang pertama dari Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Amerika masih memimpin dengan 735 miliarder senilai total US$4,7 triliun, termasuk Elon Musk, yang menduduki puncak daftar miliarder dunia untuk pertama kalinya.[prs]