Promosikan Produk Unggulan Indonesia, Diaspora di Singapura Gelar Pemilihan Duta UMKM

  • Bagikan
Promosikan Produk Unggulan Indonesia, Diaspora di Singapura Gelar Pemilihan Duta UMKM
Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo /net/ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Diaspora Indonesia di Singapura menggelar pemilihan Duta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah guna mempromosikan produk-produk unggulan UMKM dari Indonesia ke negara itu.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, melalui keterangan tertulisnya, Senin (9/5/2022), menyampaikan KBRI mendukung inisiatif Diaspora Indonesia yang dimotori oleh BISA dan Gayatri Beauty Academy yang menggelar pemilihan Duta UMKM.

“Membangun UMKM yang sukses di pasar global bukan hal yang mudah, namun dengan kerja keras, inovasi, pemasaran yang menarik, serta kerja sama dengan segenap pihak, seperti melalui kegiatan Diaspora Indonesia yang melaksanakan pemilihan Duta UMKM ini, selalu ada peluang besar untuk sukses,” kata dia.

Pemilihan Duta UMKM diikuti sejumlah warga negara Indonesia dan Singapura yang mempromosikan produk makanan ringan, peralatan rumah tangga, dan lainnya, dari 20 UMKM Indonesia melalui konten video, video ‘blog’, dan foto.

Para peserta mengikuti pelatihan sejak Januari 2022 dari mentor berpengalaman dalam pembuatan konten di media sosial.

Dari pelatihan itu, peserta mengunggah hasil karyanya di media sosial masing-masing untuk dinilai juri.

Final Pemilihan Duta UKM Indonesia juga diisi pameran busana para pekerja migran Indonesia (PMI) yang telah mengikuti kursus merias pengantin dan salon di Gayatri Beauty Academy.

Lembaga yang dimotori oleh Diaspora Indonesia bernama Diah Gayatri ini, menyediakan pelatihan merias mulai dari tingkat dasar hingga merias pengantin tradisional.

Ratusan PMI di Singapura banyak memanfaatkan waktu liburnya untuk mengikuti kursus merias. Beberapa lulusannya bahkan telah membuka usaha rias pengantin sendiri di sejumlah daerah di Indonesia.

Untuk menampilkan hasil karya riasan tersebut, mereka mengupayakan mendatangkan busana pengantin tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan memamerkan hasil kursus merias mereka di acara tersebut. (ndi)

  • Bagikan