Pertama Kalinya, China Berhasil Terapkan Prakiraan Angin Dekat Permukaan Bumi

  • Bagikan
Pertama Kalinya, China Berhasil Terapkan Prakiraan Angin Dekat Permukaan Bumi
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Untuk pertama kalinya, China berhasil menerapkan prakiraan yang tepat terkait angin dekat permukaan Bumi untuk sebuah misi peluncuran luar angkasa utama, menurut Pusat Peluncuran Satelit Xichang.

Sistem prakiraan angin yang tepat di area-area utama lapisan dekat permukaan Bumi itu diterapkan guna memastikan pemindahan kombinasi wahana luar angkasa kargo Tianzhou-4 dan roket pengangkut Long March-7 Y5 ke area peluncuran di Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang, kata pusat tersebut.

Sistem tersebut dikembangkan oleh tim dukungan teknis meteorologi dari pusat peluncuran itu untuk mengatasi sejumlah tantangan dari angin dekat permukaan Bumi, yang berdampak besar terhadap mulusnya pemindahan vertikal wahana antariksa dan roket.

Karena roket belum diisi bahan bakar sebelum dipindahkan ke lokasi peluncuran, roket pun menjadi mudah terpengaruh oleh angin, terutama di daerah pesisir, yang membuat prakiraan yang tepat terkait angin dekat permukaan Bumi tadi menjadi sangat penting untuk proses pemindahan.

Terletak di Provinsi Hainan, China selatan, Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang adalah situs peluncuran keempat negara itu dan satu-satunya yang berada di tepi pantai.

Sistem prakiraan ini dapat memberikan prediksi cuaca visual dalam waktu nyata (real time) berdasarkan informasi meteorologi terbaru dari angin dekat permukaan Bumi, dengan gambar simulasi tiga dimensi serta parameter tenaga dan arah angin yang berubah.

Sistem tersebut dikembangkan sejak 2018, dan lulus inspeksi sekaligus penerimaan akhir pada April tahun ini.

Menurut Pusat Peluncuran Satelit Xichang, sistem prakiraan baru ini berjalan baik pada saat penerapan pertamanya dalam misi pemindahan Tianzhou-4 dan Long March-7 Y5.

Ketepatan prakiraannya berada dalam jarak satu meter dan berperan penting dalam meningkatkan kemampuan prakiraan meteorologi dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang, kata pusat itu.

Wahana antariksa kargo Tianzhou-4 akan diluncurkan dalam waktu dekat pada saat yang tepat, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA). (ndi)

  • Bagikan