Penumpang Arus Balik di Teminal A Batoh Aceh Capai 2 Ribu

  • Bagikan
Penumpang Arus Balik di Teminal A Batoh Aceh Capai 2 Ribu
Ilustrasi (Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Arus penumpang bus di Terminal Tipe A Batoh Banda Aceh baik kedatangan maupun keberangkatan mencapai 2.009 orang per hari pada H+5 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Dalam dua malam, akan banyak penumpang, karena momen besok Senin (9/5) sudah mulai masuk kantor,” kata Kepala Terminal Batoh Banda Aceh Heriyanto di Banda Aceh, Ahad (8/5).

Ia menjelaskan pada Sabtu (7/5) jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Batoh Banda Aceh mencapai 1.177 orang dengan jumlah armada Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 66 unit.

Sementara penumpang yang tiba di Terminal Batoh Banda Aceh sebanyak 832 orang dengan jumlah armada 64 unit baik AKAP dan AKDP.

“Untuk kedatangan, armadanya cukup banyak, tapi penumpangnya belum tentu karena ada yang turun di Lhokseumawe, Bireuen jadi walaupun bus banyak tapi tidak semua bus full penumpang,” katanya.

Menurutnya, untuk keberangkatan dari Banda Aceh tujuan Medan, Sumatera Utara memang terjadi peningkatan pada Sabtu (7/5) malam, dibandingkan hari-hari biasa saat Lebaran.

“Tadi malam lonjakan penumpang sangat luar biasa. Kita biasanya hanya 400 orang hingga 800 orang per hari, tadi malam mencapai 1.000 orang lebih,” katanya.

Lanjut dia, umumnya penumpang yang berangkat dari Terminal Batoh Banda Aceh tersebut para pekerja dan juga wisatawan dari Kota Sabang yang mulai arus balik ke daerah masing-masing.

“Prediksi kita kita memang malam ini dan malam kemarin yang terjadi lonjakan, kata Heriyanto.

Terminal Batoh Banda Aceh mencatat pada (4/5) sebanyak 804 orang yang berangkat dan 358 orang kedatangan. Sementara pada (5/5) tercatat 647 orang yang berangkat dan 443 orang kedatangan, serta pada (6/5) sebanyak 658 orang yang berangkat dan 578 orang kedatangan.

  • Bagikan