MotoGP Resmi Pensiunkan Nomor 46 Milik Valentino Rossi

  • Bagikan
MotoGP Resmi Pensiunkan Nomor 46 Milik Valentino Rossi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Nomor 46 milik pembalap legendaris yang baru saja pensiun, yakni Valentino Rossi akan dipensiunkan dari ajang balap MotoGP. Momen itu akan dilakukan di MotoGP Italia 2022 dua pekan mendatang.

Kabar ini diumumkan langsung oleh pihak MotoGP pada Sabtu (14/5/2022) waktu setempat melalui laman resmi mereka. Nomor 46 milik Rossi akan dipensiunkan pada Sabtu sore sebelum sesi kualifikasi dimulai dalam presentasi di garis start Sirkuit Mugello, Italia.

“Nomor 46 akan dipensiunkan dari penggunaan di kelas MotoGP di Autodromo Internazionale del Mugello. Identik dengan Juara Dunia sembilan kali dan Legenda MotoGP Valentino Rossi, nomor tersebut akan dipensiunkan dengan gaya di Gran Premio d’Italia Oakley mendatang,” bunyi peryataan resmi MotoGP dikutip dari laman motogp.com.

“Upacara pensiun akan berlangsung di jalur utama pada hari Sabtu, tepat sebelum kualifikasi. Rossi akan hadir saat warisannya dihormati dan nomornya dipensiunkan, setelah membalapkan nomor 46 ke dalam Hall of Fame Legenda MotoGP™ selama 26 musim yang sukses – menciptakan salah satu nomor balap yang paling dikenal dalam olahraga global.”

“‘The ‘Doctor’ meraih sembilan Kejuaraan Dunia, 115 kemenangan dan 235 podium di semua kelas saat ia memainkan peran kunci dalam mendefinisikan ulang olahraga untuk jutaan penggemar di seluruh dunia.”

“Pensiun pada akhir musim 2021, ia dilantik ke dalam Hall of Fame Legenda MotoGP di Valencia dan nomornya sekarang akan bergabung dengannya sebagai penonton yang menikmati Kejuaraan balap motor tercepat di dunia,” tutup pernyataan tersebut.

Dengan dipensiunkan nomor 46 miliknya, Valentino Rossi akan tergabung dengan para legenda MotoGP lainnya, yaitu Kevin Schwantz dengan nomor 34, kemudian Loris Capirossi yang identik dengan nomor 65, hingga Nicky Hayden dengan 69.

Nomor-nomor mereka telah dihapus dari kelas utama MotoGP, jadi pembalap lain tidak boleh lagi mengenakannya.

The Doctor sendiri memang telah termasuk dalam perhargaan Hall of Fame MotoGP berkat tinta emas yang ia torehkan.

Balapan GP Valencia pada 2021 lalu mengakhiri kiprah balap Rossi setelah lebih dari dua dekade di MotoGP.

Kendati telah pensiun, pembalap dengan gelar juara dunia sembilan kali itu telah mewariskan tim dan pembalap hebat di kelas para raja.

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, menjadi salah satu anak didik Rossi yang paling berhasil selama ini.

Selain itu, warisan Rossi juga diturunkan dengan ia menurunkan tim balap profesional bersama Ducati, Mooney VR46 di kelas MotoGP dan Moto2.

Rossi telah menginspirasi anak-anak berbakat di Italia khususnya dalam balap motor.

Sepanjang kariernya, Rossi mengoleksi sembilan gelar juara dunia. Dia juga pernah memenangkan 115 balapan serta 235 podium. Selain itu, Rossi juga telah masuk ke daftar legendaris MotoGP pada akhir musim lalu.(Din)

 

  • Bagikan