Merasa Khawatir Dikondisikan, ICW Desak Dewas KPK Usut Baliho Firli Capres

  • Bagikan
icw
Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana. //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menelusuri spanduk dukungan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pemilu 2024 mendatang.

“Menjamurnya spanduk atau baliho Ketua KPK mestinya menggerakkan Dewan Pengawas untuk menelusurinya lebih lanjut,” ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, saat melalui keterangan persnya, Senin (30/5/2022).

Menurut Kurnia, Dewas KPK harus segera bergerak untuk mengetahui apakah spanduk dukungan dimaksud sengaja dikondisikan demi kepentingan politik Firli atau tidak.

“Ini bukan kali pertama terjadi. Hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat jika kemudian spanduk atau baliho tersebut memang dikondisikan untuk menarik atensi masyarakat demi kepentingan politik dengan mengatasnamakan lembaga KPK dan memanfaatkan jabatannya,” tutur Kurnia.

“Ini penting disampaikan, sebab, jika terjadi maka dapat dipersoalkan secara etik karena melanggar Pasal 4 ayat (1) huruf d Perdewas 2/2020 [bagian Integritas],” sambungnya.

Kurnia pun menyentil spanduk berwajah Firli yang belakangan ditemukan di sejumlah tempat di Banten. Menurut dia, alangkah baiknya tokoh dalam spanduk adalah figur-figur yang bisa dijadikan teladan bagi masyarakat.

“Bukan justru pejabat yang sempat tersandung kode etik berulang kali,” imbuhnya.

Firli sempat disanksi Dewas KPK karena dinilai terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku terkait penggunaan helikopter untuk kepentingan pribadi. Ia dinyatakan melanggar Pasal 4 ayat 1 huruf n dan Pasal 8 ayat 1 huruf f Perdewas KPK 2/2020 Tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK. (ndi)

  • Bagikan