KH Ma’ruf Amin Terima Kunjungan Kehormatan Wapres Zimbabwe

  • Bagikan
KH Ma'ruf Amin Terima Kunjungan Kehormatan Wapres Zimbabwe
Wakil Presiden Ma'ruf Amin /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden sekaligus Menteri Kesehatan dan Perlindungan Anak Zimbabwe Constantino Chiwenga beserta delegasi, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

“Baru saja Wapres menerima tamu resmi kenegaraan dari Negara Zimbabwe. Kedatangan beliau, rombongan dari beberapa orang, rupanya banyak sekali kepentingan bilateral yang disampaikan kepada Wapres kita,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam konferensi pers, di Jakarta.

Masduki mengatakan Wapres Zimbabwe nantinya akan mengunjungi sejumlah industri di berbagai tempat, untuk melakukan kerja sama berkaitan dengan kepentingan industri, ekonomi dan hubungan bilateral lainnya.

Di sisi lain, Wapres Zimbabwe juga turut mengundang Wapres Ma’ruf Amin untuk berkunjung ke Zimbabwe.

“Insya Allah Wapres kita jika ada kesempatan, kami akan ke Zimbabwe,” ujar Masduki.

Sekretaris Ditjen Asia Afrika dan Pasifik Kemenlu Trisari Dyah Paramita menyampaikan kehadiran Wapres Zimbabwe untuk menghadiri Konferensi “Sector Ministers’ Meeting (SMM) Sanitation and Water For All” yang diselenggarakan Indonesia.

Sedangkan untuk kegiatan bilateral, Wapres Zimbabwe akan mengunjungi beberapa BUMN Indonesia di Bandung yaitu PT LEN, PT Pindad serta Bio Farma.

Untuk kerja sama dengan Bio Farma, Indonesia akan mengupayakan adanya kerja sama pengembangan vaksin maupun obat-obatan atau industri farmasi yang menjadikan Zimbabwe sebagai hub distribusi kepada kawasan Afrika.

Untuk PT Pindad akan ada upaya kerja sama dalam rangka modernisasi kemiliteran di Zimbabwe, termasuk untuk menawarkan persenjataan yang diproduksi PT Pindad maupun peralatan berat lain yang akan berguna bagi pertambangan di Zimbabwe.

Sementara dengan PT LEN, akan diupayakan kerja sama modernisasi jaringan sistem kereta api di Zimbabwe. (ndi)

  • Bagikan