Kemenhub: Pembangunan Stasiun Kreta Manggarai Dilanjutkan Pekan Depan

Realitarakyat.com – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan akan melanjutkan pembangunan Stasiun Manggarai pekan depan.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan, pembangunan switch over ke-5 (SO-5) di Stasiun Manggarai akan berlangsung Jumat (27/5/2022) hingga Sabtu (28/5/2022) dini hari.

Menurutnya, hal itu akan membuat rute KRL Jabodetabek mengalami perubahan. Pembangunan SO-5 dilakukan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai, sehingga pembangunan dapat dilanjutkan.

“Kami akan memanfaatkan window time atau waktu jeda antara jam operasional kereta yang dimulai setelah kereta terakhir selesai beroperasi dan sebelum kereta pertama memulai perjalanan di esok harinya untuk pengerjaan SO-5 ini,” ujar Rode dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Rode mengungkapkan, pembangunan SO-5 dilakukan pada malam hingga dini hari, agar perjalanan kereta api termasuk KRL Commuterline tidak terganggu.

Seiring dengan pembangunan SO-5, maka akan dilakukan sejumlah penyesuaian. Jalur sementara (temporary track) akan diaktifkan di Jalur 1 dan Jalur 2, sedangkan Jalur 3 ditutup.

Selain itu, DJKA juga akan mengganti sistem persinyalan, serta memasang dan mengganti jaringan listrik aliran atas (JLAA) untuk menyesuaikan perubahan jalur.

“Total terdapat 8 titik pengerjaan yang akan dilakukan secara bersamaan saat SO-5 nanti dan akan menyambungkan Jalur 1 dan Jalur dua yang temporary dengan yang existing,” jelasnya.

Pasca SO-5 nanti, Jalur 1 dan Jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan Jalur 3 akan dinonaktifkan.

Sementara, lanjutnya, untuk KRL Jabodetabek lintas Bekasi/Cikarang Line akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor Line akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13. (Arf)