Cak Imin Klaim Siap Gabung Koalisi Indonesia Bersatu Asal Jadi Capresnya

  • Bagikan
imin
Ketum PKB Muhaimin Iskandar/NEt
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan partainya siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu yang dideklarasikan Golkar, PAN dan PPP.

Namun, Cak Imin, sapaan akrabnya memberi syarat bahwa dirinya harus menjadi calon presiden (capres) dalam koalisi tersebut.

“Saya siap bergabung asal capresnya saya,” kata dia kepada wartawan usai silaturahmi dengan sejumlah tokoh ulama di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5).

Cak Imin mengaku menyambut baik gagasan Koalisi Indonesia Bersatu. Dia mengatakan PKB terbuka menjalin komunikasi dengan partai manapun dalam menghadapi Pemilu 2024.

Meski begitu, dia menyebut partainya secara khusus belum menjalin komunikasi serius terkait pemilu, kecuali komunikasi biasa di parlemen.

“Kita terus menjalin komunikasi di DPR. Tapi secara khusus belum. Kita terbuka,” kata Wakil Ketua DPR itu.

Pada kesempatan itu, Cak Imin mengklaim saat ini banyak dorongan dari berbagai kalangan, terutama warga Nahdliyin yang menginginkan dirinya maju sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam beberapa waktu terakhir ia juga mulai rajin melakukan safari politik ke daerah-daerah untuk menggalang dukungan. Cak Imin mengaku akan terus berikhtiar untuk bisa maju di Pilpres mendatang.

Di sisi lain, PKB saat ini memiliki modal sekitar 10 persen sehingga untuk mengusung capres diperlukan tambahan sekitar 10 persen lagi kursi di parlemen.

“Dalam survei-survei terakhir kita sudah di posisi 2, bersaing dengan Gerindra. Kita berharap pada 2024 nanti, kita minimal bisa merebut juara dua, syukur bisa terus melaju,” kata dia.[prs]

 

  • Bagikan