Amankan Agenda GPDRR 2022, Kakorlantas Lepas 110 Personel BKO ke Bali

  • Bagikan
Pemberian Pengawalan, Kakorlantas
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi melepas personel Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Nusa Dua, Bali, yang akan memperkuat kelancaran pengamanan dan pengawalan Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Jenderal bintang dua itu melepas keberangkatan 110 personel dan 55 unit kendaraan roda empat operasional Polri dari Lapangan Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2022).

“Kami mendapat tugas lagi dalam rangkaian G20 di Bali, untuk memperkuat jajaran Polda Bali dalam rangka pengamanan dan pengawalan kepada tamu yang hadir,” kata Firman.

Seluruh personel BKO yang dilibatkan, kata Firman, diberangkatkan mulai hari ini, menjelang kegiatan GPDRR 2022.

“Total personel yang akan berangkat ada 110 dengan rincian 80 dari Korlantas dan 30 personel dari Polda Jawa Timur,” ujarnya.

Firman berharap, Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam perhelatan kali ini dan para tamu dari berbagai negara dapat nyaman, aman dan lancar mengikuti rangkaian kegiatan.

“Semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menyenangkan tamu, dalam artian terselenggara sesuai SOP yang dibuat,” ujar Firman.

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah GPDRR yang akan dilaksanakan mulai Senin (23/5) hingga Sabtu (28/5) di Nusa Dua, Bali.

Forum internasional ini bertujuan untuk melakukan monitoring, evaluasi, sekaligus menghimpun berbagai macam tren baru penanganan kebencanaan untuk dijadikan dasar menyusun rencana aksi penanganan bencana untuk dua tahun ke depan.

Selain menjadi forum pengurangan risiko bencana, GPDRR dapat dijadikan momentum promosi pariwisata ke dunia internasional di tengah pandemi COVID-19.

Rencananya GPDRR 2022 akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan beberapa kepala negara terpilih serta perwakilan dari 193 negara anggota dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 5.000 orang.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan rangkaian forum Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7/2022 di Bali, dengan mempersiapkan skenario pengamanan hingga dukungan peningkatan vaksinasi booster.

Pernyataan itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi GPDRR bersama Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan sejumlah pejabat terkait di Jakarta, Jumat (28/1/2022) lalu. (ndi)

  • Bagikan