MOTOGP 2022 – Menang di GP Portugal, Quartararo Pimpin Klasemen

  • Bagikan
Fabio Quartararo
Fabio Quartararo /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memuncaki klasemen MotoGP berkat kemenangan di Grand Prix Portugal, Minggu (24/4/2022).

Pebalap Prancis Johann Zarco dari tim Pramac Racing finis kedua, 5,409 detik di belakang kompatriotnya itu dan Aleix Espargaro melengkapi podium untuk tim Aprilia, demikian laman resmi MotoGP.

“Saya mendorong ke limitnya, seperti yang saya lakukan di Austin dan Argentina. Motor terasa sangat baik di sini,” kata Quartararo pascalomba setelah meraih kemenangan pertamanya musim ini.

Lap pertama balapan sepanjang 25 putaran itu bebas drama kecelakaan ketika Joan Mir merebut posisi terdepan dari polesitter Johann Zarco selepas start.

Pada balapan yang sepenuhnya dalam kondisi trek kering, tidak seperti dua hari sebelumnya, sang pebalap Suzuki bertahan hanya tiga lap di depan sebelum juara dunia bertahan Fabio Quartararo melakukan manuver untuk memimpin balapan.

Ketika bertarung untuk posisi sepuluh besar, Enea Bastianini terjatuh di tikungan 8 pada lap ke-10. Pebalap tim Gresini, yang telah dua kali meraih kemenangan musim ini, harus kehilangan statusnya sebagai pemuncak klasemen setelah gagal menyelesaikan balapan hari ini.

Quartararo membangun jarak dan mendapati dirinya 3,5 detik di depan rival terdekatnya hingga paruh kedua lomba di saat Mir, Zarco dan Miller bertarung memperebutkan posisi kedua.

Zarco memanfaatkan kecepatan Ducati di lintasan lurus utama demi menyalip Mir untuk P2.

Tujuh lap menjelang finis, Miller mencoba hal serupa namun ketika menuju tikungan pertama dari sisi dalam, sang pebalap Ducati kehilangan grip depan hingga terjatuh menabrak Mir yang berada di jalurnya.

Insiden kecelakaan dua pebalap itu membuka jalan bagi Espargaro ke podium.

Suzuki sejatinya tampil solid di Portimao lewat penampilan Mir yang mengamankan posisi start baris terdepan, meski gagal menyelesaikan balapan.

Rekan satu timnya, Alex Rins membuat penebusan atas hasil kualifikasinya yang buruk di mana ia mengawali balapan dari P23 dengan hasil finis P4 di depan pebalap tuan rumah Miguel Oliveira dari tim KTM.

Juara MotoGP enam kali Marc Marquez menjadi pebalap Honda teratas setelah finis P6 di depan adiknya, Alex Marquez dari tim satelit LCR Honda.

Francesco Bagnaia, dinyatakan fit untuk balapan setelah kecelakaan saat Q1, menyelesaikan balapan di P8 setelah start paling belakang di P25.

Pol Espargaro (Repsol Honda) dan Maverick Vinales (Aprilia) melengkapi peringkat sepuluh besar.

Menuju Grand Prix Spanyol di Jerez pekan depan, Quartararo memegang puncak klasemen sementara dengan 69 poin. Sang pebalap Yamaha unggul dengan satu kemenangan Grand Prix atas Rins yang mengoleksi poin yang sama di peringkat dua.

Aleix Espargaro membayangi di peringkat tiga dengan selisih tiga poin saja, dan Bastianini tergeser ke peringkat empat dengan 61 poin, sedangkan Zarco menempatkan dirinya di lima besar dengan 51 poin. (ndi)

  • Bagikan