Spanyol Bakal Cabut Aturan Wajib Masker Bagi Warganya

  • Bagikan
Spanyol Bakal Cabut Aturan Wajib Masker Bagi Warganya
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Spanyol akan mencabut aturan wajib masker bagi warganya saat berada di luar ruangan mulai 10 Februari.

Menteri Kesehatan Spanyol, Carolina Darias, mengatakan kepada radio La SER, kabinet berencana menyetujui kebijakan ini pada Selasa (8/2) dan baru diberlakukan dua hari setelahnya, yakni pada Kamis (10/2), dikutip dari Reuters.

“(Pemerintah) selalu mengatakan itu (kebijakan) hanya diterapkan bila benar-benar diperlukan,” ujar Darias.

Menurut Darias, pemerintah menganggap situasi infeksi Covid-19 kini berubah, melihat tingkat penularan virus turun dalam beberapa hari terakhir.

Selama dua pekan terakhir, tingkat penularan Covid-19 yang diukur selama 14 hari, terus turun menjadi 2.421 kasus per 100.000 orang, Kamis (3/2). Angka ini turun dari yang terjadi pada Januari, di mana tingkat penularan mencapai hampir 3.400.

Sebelumnya, kebijakan mengenakan masker ini dilakukan pada akhir Desember 2021 untuk menekan penyebaran varian Omicron.

Meski angka infeksi Covid-19 meningkat pada November dan Januari akibat penyebaran Omicron, angka rawat inap dan kematian masih lebih rendah dibandingkan saat gelombang pandemi sebelumnya.

Tingkat vaksinasi yang tinggi di Spanyol menjadi salah satu alasan angka rawat inap dan kematian akibat Covid kini rendah.

Sementara itu, jumlah kematian total akibat Covid-19 di Spanyol mencapai 94.040 kasus. Spanyol juga mendeteksi total 10,2 juta kasus infeksi virus corona.

Selain Spanyol, Denmark dan Prancis juga memutuskan pelonggaran pembatasan Covid-19. Kedua negara memutuskan untuk mencabut kewajiban memakai masker bagi penduduknya.[prs]

  • Bagikan