Statusnya Naik Level, Warga di Sekitaran Gunung Dempo Diminta Waspada

  • Bagikan
Statusnya Naik Level, Warga di Sekitaran Gunung Dempo Diminta Waspada
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan meminta warga di sekitar Gunung Dempo mewaspadai dampak peningkatan aktivitas vulkanik gunung api tersebut, yang statusnya dinaikkan ke Level II (Waspada) pada Jumat (7/1).

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumatera Selatan Ansori, mengatakan bahwa warga sebaiknya tidak mendekati area dalam radius satu kilometer dari kawah.

Dia juga menyarankan warga Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagaralam, dan Kabupaten Lahat mengikuti informasi mengenai aktivitas Gunung Dempo dari otoritas pemerintah.

“​​​​​​Kami mengharapkan warga sekitar Gunung Dempo terus memantau perkembangan informasi terkait aktivitas gunung api ini,” kata Ansori, Senin (10/1).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status aktivitas Gunung Dempo dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) pada 7 Januari 2022.

Gunung Dempo tercatat telah mengalami 21 erupsi dengan selang waktu erupsi terpendek satu tahun dan terpanjang 26 tahun. Erupsi terakhir terjadi pada 1 Januari 2009.

  • Bagikan