Seluruh Pembenahan Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung 14 Maret 2022

  • Bagikan
motogp
Pertamina Mandalka International Street Circuit /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto menargetkan pembenahan sirkuit dan seluruh infrastruktur penunjang lainnya akan rampung pada 14 Maret 2022.

Sehingga, seluruh rangkaian balapan dunia yang dimulai pada 18 hingga 20 Maret 2022, diharapkan terlaksana dengan sukses.

“Termasuk observation gate yang dibangun di bukit 360 derajat, dan Insya Allah, tanggal 14 Maret 2022 sebelum perhelatan tanggal 18 Maret 2022, sudah selesai semua,” kata Hadi terkait kesiapan Mandalika menghadapi MotogGP 2022, dalam siaran persnya, Kamis (20/1/2022).

Hadi juga mengungkapkan jika infrastruktur khusus di dalam Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk race track, race second building dan race elektronik, kini telah rampung dan berfungsi.

Beberapa pekerjaan yang sebelumnya dibenahi kembali, seperti grand stand, VIP village dan temporer fasility untuk menambah tempat bagi kepentingan para pembalap dan tim pendukung, Hadi menegaskan seluruhnya telah rampung.

Di luar sirkuit, Hadi mengakui saat ini ia masih terus melakukan pembenahan, di antaranya pelebaran jalan provinsi, dari dua menjadi empat jalur. Termasuk pula perbaikan rumah-rumah penduduk, drainase dan penghijauan di luar sirkuit.

Penghijauan dilakukan mulai di jalur By Pass dari Bundaran Bandara Internastional Lombok hingga ke Bundaran Sunggung.

Sementara itu, di sekitar sirkuit Mandalika, yang terdapat lima bukit, Hadi mengatakan bahwa bukit-bukit tersebut juga sedang dilakukan pembenahan degan penanaman pohon-pohon estetik dan bunga agar terlihat hijau dan cantik di depan kamera.

“Di dalam sendiri itu ada satu bukit namanya bukit 360 derajat juga kita percantik, supaya saat penonton nanti melihat ke arah bukit tersebut itu juga kelihatan cantik, karena bukit itu juga berhadapan dengan bukit segar yang ada di luar mandalika,” ujar Hadi.

Terkait transportasi, baik udara, laut maupun darat, Hadi mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Untuk transportasi darat, akan disediakan angkutan shuttle bus menuju sirkuit Mandalika dari pelabuhan Gili Mas, pelabuhan Lembar, pelabuhan Bangsal, pelabuhan Kayangan dan dari Bandara International Lombok. Sementara transportasi udara sedang dicoba mekanisme commuter flight.

Rencananya, pesawat Airbus A330 akan dijadikan moda penerbangan dari Bali menuju ke Lombok. Hal itu karena diperkirakan penonton dan bahkan tim pendukung pembalap juga menginap di Bali. (ndi)

  • Bagikan