Sebanyak 79 Persen Nakes di Kalteng Sudah Disuntik Booster

  • Bagikan
Sebanyak 79 Persen Nakes di Kalteng Sudah Disuntik Booster
ilustrasi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Vaksinasi dosis ketiga atau “booster” COVID-19 untuk tenaga kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah per 22 Januari 2022 sudah mencapai 19.432 orang atau 79,8 persen dari target sasaran sebanyak 24.350 orang.

Perwakilan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Kalteng Agus Siswadi menyatakan capaian vaksinasi dosis ketiga untuk lansia baru sebanyak 1.552 orang atau 2,86 persen dari target sasaran 54.290 orang.

Capaian vaksinasi dosis ketiga untuk pelayan publik sebanyak 213 orang atau 0,09 persen dari target sasaran sebanyak 232.120 orang, serta capaian vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat umum dan rentan sebanyak 3.782 orang atau 0,72 persen dari target sasaran sebanyak 527.701 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster hingga saat berjalan baik dan lancar.

“Booster ini sifatnya tidak wajib seperti halnya dosis satu dan dua, tapi memang dianjurkan,” terangnya, Ahad (23/1).

Oleh karena itu ia memaparkan, vaksinasi dosis ketiga secara prinsip dilaksanakan dengan berbasis e-tiket yang bisa dilihat melalui aplikasi PeduliLindungi. Apabila e-tiket sudah diterima, masyarakat disilakan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Sementara itu berdasarkan data terbaru yang dirilis Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kalteng per 23 Januari 2022, saat ini ada sebanyak 10 kasus aktif, terdiri dari tujuh di rumah sakit dan tiga isolasi mandiri.

Hari ini kasus konfirmasi bertambah sebanyak empat orang, yaitu di Kotawaringin Barat satu orang, Lamandau dua orang dan Barito Timur satu orang.

Sembuh bertambah satu orang, yaitu di Lamandau dan dalam perawatan bertambah sebanyak tiga orang.

Lebih lanjut satgas terus mengimbau masyarakat untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus, baik dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan.

 

  • Bagikan