Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2022 di Singkawang Akan Dibatasi Sesuai Aturan PPKM

  • Bagikan
Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2022 di Singkawang Akan Dibatasi Sesuai Aturan PPKM
image_pdfimage_print

 

 

Realitarakyat,com – Perayaan Imlek dan Cap Go Meh (CGM) di Kota Singkawang dibatasi sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku saat perayaan mendatang.

Pembatasan tersebut yakni ditiadakannya ritual ‘tolak bala’ atau ‘cuci jalan’ yang bersifat festival dan arak-arakan, namun dapat dilaksanakan di Vihara dan Kelenteng masing-masing dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta koordinasi dari pengurus Vihara dan Kelenteng kepada Satgas Covid-19 Kota Singkawang.

Pembatasan ini, merupakan hasil kesimpulan sementara atas rapat koordinasi yang digelar oleh Satgas Covid-19 Kota Singkawang bersama Panitia Perayaan Imlek serta unsur terkait lainnya seperti Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kota Singkawang, Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kota Singkawang, dan lainnya, di ruang rapat Kantor Wali Kota Singkawang pada Jumat 14 Januari 2022.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Singkawang, Yulianus Anus menerangkan, kesimpulan sementara ini merupakan usulan dari forum rapat tentang Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang.

Hasil dari kesimpulan sementara ini, ia katakan, akan disampaikan kepada Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie selaku Ketua Satgas Kota Singkawang.

“Usulan dari forum rapat ini akan kami sampaikan kepada beliau (Wali Kota). Untuk keputusan resminya nanti dari beliau,” ujar Yulianus kepada wartawan usai rapat, Jumat 14 Januari 2022.

Selain itu, berberapa kesimpulan sementara lainnya dari hasil rapat tersebut, yakni hiasan kota dan ritual doa bersama (Ket Sam Thoi) merupakan tugas panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh dan pada dasarnya diusulkan untuk dapat dilaksanakan. Kemudian, agar Satgas Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran sebagai pedoman Perayaan Imlek. Panitia Perayaan Imlek membantu mensosialisasikan Surat Edaran. (Alf)

 

 

  • Bagikan