Pantai Gading Kandas di Babak Perempat Final Piala Afrika 2021 Saat Adu Penalti Dengan Mesir

  • Bagikan
Pantai Gading Kandas di Babak Perempat Final Piala Afrika 2021 Saat Adu Penalti Dengan Mesir
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mesir sukses mengantongi satu tiket ke babak perempat final Piala Afrika 2021 setelah sukses menyingkirkan Pantai Gading lewat drama adu penalti pada laga babak 16 besar yang digelar di Stade Omnisport de Douala, Rabu (26/1/2022) malam WIB.

Sempat bermain imbang 0-0 selama 120 menit jalannya pertandingan, Mesir akhirnya keluar sebagai pemenang dan melaju ke babak perempat final setelah mengalahkan Pantai Gading lewat babak adu penalti dengan skor 5-4.

Seluruh penendang dari Timnas Mesir sukses menjalankan tugasnya. Namun, satu pemain Timnas Pantai Gading, yakni Eric Bailly yang kini membela Manchester United gagal menjalankan tugasnya dengan baik, membuat Pantai Gading harus tersingkir dari babak 16 besar Piala Afrika 2021.

Pertandingan babak 16 besar Piala Afrika alias African Cup of Nations (AFCON) antara Pantai Gading vs Mesir berlangsung seru. Timnas Pantai Gading mendominasi serangan pada awal babak pertama. Mesir hanya bisa beberapa kali melakukan pelanggaran di lapangan tengah.

Kendati demikian serangan Pantai Gading hanya berakhir melenceng dari gawang Mesir. Serangan berbahaya justru lebih dulu dihasilkan oleh skema penyerangan dari Mesir.

Di menit ke-17, tendangan Omar Marmoush menyentuh tiang gawang Badra Ali Sangare. Setelah itu, Mesir jauh lebih agresif dan berbahaya ketika menyerang.

Tekanan lain dari Mesir di menit ke-36 kandas. Sepakan Mostafa Mohamed ke pojok kanan bawah menyambut umpan Salah ditepis Badra Sangare.

Pantai Gading merespons, namun sepakan Ibrahim Sangare dihentikan kiper. Peluang lain dari Sebastien Haller juga bisa diamankan. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Momentum beralih ke Mesir pada awal babak kedua. Sepuluh menit awal, Mesir mampu melancarkan berbagai serangan. Sayangnya, tidak ada gol tercipta. Memasuki pertengahan hingga akhir babak, giliran Pantai Gading yang mendominasi serangan.

Sepakan Nicolas Pepe di menit ke-75 dan 78 belum membuahkan hasil. Sampai akhir babak kedua, kedua tim tak mampu memaksimalkan peluang. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan karena skor 0-0 masih tercipta.

Ketika para pemain sudah kelelahan, beberapa pergantian pemain di tim Mesir mulai berdampak. Namun, lagi-lagi penampilan apik dari Sangare menepis kesempatan-kesempatan itu.

Tambahan waktu 30 menit dalam dua babak tambahan juga tidak cukup untuk menentukan pemenang. Kedua tim sama-sama tidak bisa mencetak gol (0-0) dan laga harus dilanjutkan ke adu penalti.

Dua penendang pertama Pantai Gading yakni Pepe dan Ibrahim Sangare sukses menjalankan tugasnya. Demikian halnya dengan dua eksekutor pertama Mesir, yakni Zizo dan Amr El Soleya.

Namun, Eric Bailly yang maju sebagai penendang ketiga Pantai Gading gagal menyarangkan bola ke dalam gawang, usai tembakannya ke pojok kiri bawah ditahan kiper. Omar Kamal yang maju sebagai algojo berikutnya dari Mesir berhasil mencetak gol.

Maxwel Cornet dan Wilfried Zaha sukses melakukan tugasnya buat Pantai Gading. Tapi eksekusi Mohamed Abdelmonem dan Mohamed Salah memastikan Mesir menang 5-4 di adu penalti dan lolos ke perempatfinal.

Selanjutnya di babak perempatfinal, Mesir akan melawan Maroko yang sebelumnya sudah menyingkirkan Malawi di babak yang sama.

Susunan pemain:

Pantai Gading (4-3-3): Sangare, Deli, Bailly, Konan, Aurier; Seri, Kessie, I. Sangare; Pepe, Gradel, Haller

Mesir (4-3-3): El Shenawy; Abdelmonem, Hegazy, Abdel Wahed, Fattoh; Al-Sulaya, Elneny, Fathi; Marmoush, Salah, Mohamed.(Din)

  • Bagikan