Gantikan Mayjen Suhartono, Mayjen Widodo Dwi Purwanto Jadi Komandan Korps Marinir

  • Bagikan
Gantikan Mayjen Suhartono, Mayjen Widodo Dwi Purwanto Jadi Komandan Korps Marinir
Gantikan Mayjen Suhartono, Mayjen Widodo Dwi Purwanto Jadi Komandan Korps Marinir /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Asisten Potensi Maritim (Adpotmar) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Mayor Jenderal (Mayjen) Widodo Dwi Purwanto mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI Angkatan Laut ke-24.

Dengan jabatan baru sebagai Komandan Korps Baret Ungu ini, Widodo pun menggantikan Dankormar sebelumnya, Mayjen Suhartono, yang kini ditunjuk menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal).

Jabatan baru yang diembannya tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa nomor Kep 66/1/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, tertanggal 21 Januari 2022.

Promosi jabatan yang diterima Widodo juga bersamaan dengan pemberhentian dan pengangkatan terhadap 327 perwira tinggi TNI lainnya.

Di mana 28 perwira tinggi tersebut masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI.

“Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” ujar Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Prantara Santosa, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin(24/1/2022).

Widodo merupakan seorang prajurit kelahiran 26 Juni 1965. Ia adalah alumnus terbaik dari Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-33 1988.

Jenderal bintang dua ini beberapa kali mengemban jabatan strategis di TNI AL.

Di antaranya, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) I/Belasan (2016), Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) II/Jakarta (2016-2017), Kepala Staf Garnisun Tetap (Kasgartap) III/Surabaya (2017-2018), dan Kepala Staf Korps Marinir (Kaskomar) pada 2018-2019, dan Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) pada 2020.

Sederet jabatan tersebut diemban Widodo ketika dirinya masih berpangkat Brigadir Jenderal (Birgjen) atau jenderal bintang satu.

Dalam karier kemiliterannya, Widodo telah mengantongi sejumlah tanda jasa, antara lain Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, dan XXIV, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Dharma Nusa, dan Satya Lencana Kebaktian Sosial. (ndi)

  • Bagikan