Erick Thohir Berharap Generasi Muda Indonesia Buat Game Sendiri

  • Bagikan
pemuda
Menteri BUMN Erick Thohir (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri BUMN Erick Thohir berharap generasi muda untuk bisa membuat game sendiri agar bisa menjadi tuan rumah dalam pertandingan e-sports dan pasar game di Indonesia.

Dalam diskusi daring, di Jakarta, Senin (17/1/2022), Erick mengatakan bahwa semua game yang saat ini dimainkan oleh masyarakat Indonesia adalah game asing dengan memakai infrastruktur yang dibangun dan diinvestasikan oleh pemerintah.

Sarana-sarana infrastruktur digital seperti jaringan fiber optic, menara telekomunikasi, dan Wifi dibangun oleh pemerintah atau Telkom dan Telkomsel, namun kemudian yang masuk memanfaatkan infrastruktur digital Indonesia tersebut adalah game-game asing.

“Kita tidak anti-asing, justru kita sekarang mendorong bagaimana generasi muda Indonesia bisa membuat game sendiri, apakah nanti kita akan membiayai ataupun diberikan investasi, namun yang paling penting generasi muda Indonesia juga harus berani menggunakan dan memakai game-game yang dibuat oleh kita sendiri,” ujarnya.

Menteri BUMN itu juga bahkan menginginkan agar pertandingan-pertandingan e-sports di dalam negeri sekarang kalau boleh sebagian harus menggunakan game Indonesia, tidak perlu terus menggunakan game-game buatan asing.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir ingin game, konten lokal dan produk dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan mengisi pasar media.

Erick menyampaikan bahwa media dalam lima tahun mendatang akan semakin terdigitalisasi, interaktif, tetapi yang penting konten-kontennya bisa diisi oleh orang-orang Indonesia.

Menteri BUMN juga mengungkapkan bahwa fokus baru Telkomsel dengan menjadi agregator bagi business to commerce (B2C) untuk mendukung pengembangan kreator lokal baru, salah satunya kreator game lokal.

Dikatakannya, Telkomsel akan diubah menjadi agregator untuk business to commerce (B2C), salah satunya yang mungkin teman-teman mahasiswa mainkan saat ini yakni game online, e-sports. Game online dan e-sports saat ini mayoritas gamenya buatan asing. (ndi)

  • Bagikan