BKSAP Berkomitmen Gelar IPU 2022 dengan Taat Prokes

  • Bagikan
BKSAP Berkomitmen Gelar IPU 2022 dengan Taat Prokes
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gelaran pertemuan Inter-Parliamentary Union (IPU) 2022 pada Maret 2022 di Bali sudah di depan mata.

Menurut Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera, DPR RI sebagai tuan rumah pertemuan serikat parlemen antar bangsa itu telah siap menyelenggarakan kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Hal ini menjadi perhatian, sebab pandemi Covid-19 masih menjadi potensi ancaman di tahun ini dan keberadaan kasus pasien terpapar masih naik-turun.

“Karena IPU dilaksanakan di masa volatile seperti ini, dimana kasusnya masih ada. Ini jadi early warning bagi kita semua,” ungkap Mardani, usai memimpin BKSAP SDGs Day di Universitas Djuanda, Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/1/2022) lalu.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap program vaksin booster dan upaya lainnya dapat menjadi tapisan dan saringan untuk mencegah virus tersebut merebak di negara ini.

Sehingga penyelenggaraan IPU di bulan Maret 2022 nanti dapat berjalan dengan aman dan nyaman bagi seluruh pihak, baik di dalam negeri maupun tamu parlemen negara sahabat lainnya yang akan berdatangan ke Bali.

Persiapan gelaran IPU di tengah pandemi ini, menurut Mardani, juga masih ada perbincangan apakah akan menggunakan sistem bubble seperti yang dipersiapkan oleh Satgas Covid-19.

Sistem bubble adalah memisahkan pihak yang terlibat dalam acara itu, mulai dari penonton hingga penyelenggara, dengan masyarakat umum di luar event tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi penularan secara langsung.

Menurut Mardani, pihaknya berharap agar keputusan penggunaan sistem bubble tetap berbasis kepada sains, DPR RI sendiri tidak tetap berpendirian teguh menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan ketat.

“Jadi kita sudah siap 100 persen. DPR RI berkomitmen dimana keputusan strategis dan penganggarannya telah dilakukan,” pungkas legislator daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I tersebut. (ndi)

  • Bagikan