Anies dan Sandi Doakan Perguruan Islam Rhoma Irama Tumbuh dan Berkembang

  • Bagikan
Anies dan Sandi Doakan Perguruan Islam Rhoma Irama Tumbuh dan Berkembang
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi memukul bedug sebagai tanda diluncurkannya Perguruan Islam Rhoma Irama di Jakarta pada Minggu 23 Januari 2022.

Wamenag didampingi Rhoma Irama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Ini merupakan ikhtiar shaleh, niat yang baik, niat yang mulia, dari orang yang senantiasa kita kagumi, orang yang senantiasa memberikan pengabdiannya untuk dakwah,” kata Wamenag, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/1).

Zainut mengungkapkan, Rhoma Irama yang banyak diketahui selama ini melakukan dakwah melalui musik. Bang Haji, sapaan akrabnya, juga melaksanakan dakwah dibidang film, melalui politik. Dan, saat ini berikhtiar menapaki jalan dakwah di bidang pendidikan. Wamenag mendukung niat baik Rhoma Irama akan dimudahkan dan dilancarkan prosesnya.

“Kita semua mendoakan, semoga niat mulia ini akan mendapatkan kemudahan,” terangnya.

Rhoma Irama dalam pengantarnya menyampaikan, pendirian Perguruan Tinggi Rhoma Irama adalah bagian dari implementasi dakwah yang sebelumnya dilakukan di dunia musik dan film. Pendirian Perguruan Tinggi Rhoma Irama juga didasarkan atas firman Allah SWT, bahwa Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang beriman dan yang berilmu pengetahuan.

Berikut sesuai UUD 1945, dimana kita semua berkewajiban untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Rhoma juga mengingatkan diri sendiri dan kita semua untuk berinfaq fisabilillah, karena pada hakekatnya harta yang kita infaqkan yang akan menjadi milik kita di akherat kelak dan bukan harta yang hari ini kita investasikan untuk kepentingan dunia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya mengatakan, niat baik Rhoma Irama meluncurkan lembaga pendidikan merupakan ikhtiar yang mulia. Karena turut menyiapkan generasi masa depan yang gemilang. Ikhtiar ini akan menjadi sumur pahala yang alirannya tidak akan pernah berhenti sebagaimana satu dari tiga amal, ilmu yang bermanfaat, anak yang sholeh dan amal jariyah.

“Itu aliran pahalanya tidak akan pernah berhenti, dan Bang Haji Rhoma Irama melakukan sebuah tambahan atas catatan yang selama ini sudah dimiliki,” sebut Anies.

Gubernur Anies lantas menyebutkan bagaimana kiprah Bang Haji di dunia musik yang menempatkan dunia seni bukan semata-mata sebagai tontonan melainkan sebagai tuntunan. Di dunia musik, tidak banyak yang bisa melakukan seperti yang dilakukan Bang Haji. Karena kebanyakan menempatkannya sebagai tontotan bukan sebagai tuntunan.

“Harapannya Perguruan Islam Rhoma Irama akan bisa melahirkan dan menumbuhkan Rhoma Irama – Rhoma Irama yang baru diĀ  masa depan. sehingga kita punya banyak sekali pribadi seperti Bang Haji Rhoma Irama,” kata dia.

“Saya secara pribadi ingin menyampaikan rasa syukur, selamat dan terimakasih telah diundang ikut menjadi saksi disini, atas dimulainya ikhtiar mulia ini. insyaallah perguruan ini akan tumbuh berkembang,” sambung Anies.

Menparekraf Sandiaga Uno mendoakan ikhtiar Bang Haji dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT. Ia mengapresiasi ikhtiar Bang Haji dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan pemberdayaan sosial dan terpenting berperan aktif membina, melatih dan memberikan keterampilan untuk beberapa sektor di ekonomi kreatif.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses untu launching Perguruan Islam Rhoma Irama. Mari kita berkolaborasi, karena kalau kita tidak berkolaborasi, sungguh terlalu. Kalau kita tidak berinovasi ditengah pandemi, sungguh terlalu. Di tengah pandemi kita harus beradaptasi, karena kalau tidak, sungguh terlalu,” demikian Sandiaga Uno.

Putri sulung Rhoma Irama yang juga Rhoma Irama Center, Debby Verama Sari, menuturkan tujuan dari pendirian Perguruan Islam Rhoma Irama adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan program pemberdayaan sosial serta berperan aktif membina, melatih dan memberikan keterampilan.

“Perguruan Islam Rhoma Irama juga berkomitmen untuk berperan aktif menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah, menghimpun, mengembangkan dan mengelola tanah wakaf,” kata Debby.

Perguruan Rhoma Irama memiliki luas keseluruhan sekitar 4,5 hektare. Ditargetkan, nantinya kegiatan pendidikan sudah mulai berjalan pada awal 2023. Kaum muslim yang ingin berpartisipasi dengan pembangunan Perguruan Islam Rhoma Irama bisa menyalurkannya ke Bank BRI atas nama Yayasan Rhoma Irama Center Indonesia dengan nomor rekening 1147-01000-543300.[prs]

  • Bagikan