Akibat Pernyataan Arteria Dahlan, PDIP Bekasi Dapat Imbas

  • Bagikan
Akibat Pernyataan Arteria Dahlan, PDIP Bekasi Dapat Imbas
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pernyataan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan yang sempat menyinggung masyarakat Sunda, berdampak terhadap elektabilitas PDIP di Kabupaten Bekasi. Sementara itu, Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Barat meminta maaf  kepada masyarakat Jawa Barat atas pernyataan Arteria.

“Kalau secara Jawa Barat, sesuai apa yang sudah kita rasakan, ya berdampak. Termasuk di Kabupaten Bekasi,” ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Usup Supriatna di Bekasi, Senin (24/2022).

Usup menilai, persoalan ini dipolitisasi oleh oknum yang memanfaatkan momentum, sehingga kian memanas di Jawa Barat. Dirinya menduga, politisasi itu dilakukan oleh lawan politik.

“Dampak terbesarnya karena ini di politisasi, tentunya akan berdampak ke suara kita. Menurut analisa saya seperti itu,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi itu, partainya akan konsolidasi ke seluruh para tokoh-tokoh masyarakat sunda.

Bahkan, menjalankan program yang sebelumnya tidak terlalu ditonjolkan, yakni Rabu Nyunda. Menurutnya, Rabu Nyunda itu kaitan dengan lomba-lomba masak kuliner khas Sunda.

Kemudian ada perlombaan-perlombaan atau pun melestarikan seni-seni Sunda. Sekaligus, memperkuat akar rumput partai.

Sementara itu, Anggota DPRD Jawa Barat asal Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Dapil Kota Bekasi-Kota Depok, Waras Wasisto meminta maaf atas pernyataan koleganya. Menurutnya, Arteria tak bermaksud membuat sakit hati masyarakat Sunda.

“Kami sekali lagi, atas nama anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan kembali menyampaikan lagi permintaan maaf yang bersangkutan, bahwa kami memohon maaf sebesar-besarnya atas  kejadian tersebut, dan kami pun bisa secara tegas apa yang terjadi sama sekali tidak ada niat untuk menyakiti atau menyinggung suku Sunda. Jadi, menurut saya itu cuma keseleo omongan saja,” tegasnya.

Menurutnya, selaku kader dan anggota DPRD Jawa Barat dari fraksi PDI Perjuangan sudah menyampaikan beberapa hal sebelum pihak yang bersangkutan akhirnya meminta maaf secara terbuka lewat media atas ucapannya tersebut.

Pertama, bahwa DPD Jawa Barat dan fraksi DPRD Jawa Barat sudah berkirim surat ke DPP Partai, agar saudara Arteria itu diberi sanksi dan teguran.

“Dari situlah, kemudian DPP kemarin melalui Ketua bidang kehormatan yakni Komarudin watubun dan Pak Sekjen Hasto Kristianto itu sudah menyampaikan secara terbuka, bahwa saudara Arteri sudah diberikan teguran keras dan yang ketiga pun saudara Arteria Dahlan secara terbuka di publik dan media itu sudah meminta maaf kepada masyarakat Sunda,” ujar Legislator dua periode ini.(Arf)

  • Bagikan