Realisasi Vaksinasi di Sumut Capai 70 Persen

Realitarakyat.com – Pemprov Sumatera Utara berhasil memenuhi target capaian vaksinasi 70 persen yang dicanangkan oleh pemerintah pusat saat akhir tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis di Medan, Minggu (19/12/2021) mengatakan berdasarkan data bahwa realisasi penyuntikan dosis pertama vaksinasi COVID-19 di Sumut telah mencapai 69,57 persen.

“Capaian untuk dosis kedua, vaksinasi di Sumut sebanyak 46,41 persen. Secara kumulatif sudah dapat 70 persen,” katanya.

Namun, ia mengakui masih ada kabupaten/kota di Sumut yang capaian vaksinasi di bawah 60 persen. Dan pihaknya akan terus mengejar capaian tersebut demi merealisasikan capaian vaksinasi di daerah.

Meski sudah menerima vaksin, dia meminta masyarakat untuk tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan. Karena selain vaksin, protokol kesehatan yang dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Capaian persentase tersebut merupakan target dari pemerintah pusat yang menginginkan sebanyak 70 persen penduduk Indonesia harus sudah divaksin dosis pertama sampai akhir tahun ini.

Sebab penyuntikan vaksin merupakan salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di masyarakat. Terlebih saat ini sudah terdeteksi varian omicron di Indonesia. (ndi)