Mardani Ali Sera: Tujuan “BKSAP Day” Hendak Dekatkan DPR dengan Kampus

  • Bagikan
hubungan
Juru Bicara Timnas Pasangan AMIN, Mardani Ali Sera. //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyelanggarakan kegiatan “BKSAP Day” yang bertemakan “Optimalisasi Peran Parlemen dalam Diplomasi Soft Power melalui Dunia Pendidikan”, di Universitas Pamulang (Unpam), Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menyampaikan bahwa tujuan BKSAP Day hendak mendekatkan DPR RI dengan kampus dan dalam topik yang secara umum dibahas yaitu mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), terkait mencapai 17 poin yang ada di dalam SDGs.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, tujuan kegiatan ini selain memperkuat sinergi parlemen dan kalangan akademis, juga untuk mendorong gagasan-gagasan brilian dalam konteks penguatan diplomasi total Indonesia, khususnya dengan diplomasi soft power melalui dunia pendidikan.

“Salah satu tugas kita di BKSAP adalah building the bridge (membangun jembatan) ekonomi, termasuk pendidikan. Oleh karena itu kami berharap kedatangan ke Umpam ini bukan yang pertama dan yang terakhir namun akan kita tindaklanjuti dengan program-program berikutnya,” ungkap Mardani, dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

“Ya nanti juga akan kita bantu menyambungkan apa yang diperlukan Unpam dengan universitas-universitas di negara lain. Kita lihat fasilitas di Unpam sudah memadai, dan alangkah indahnya kalua kita bisa membantu menghadirkan speaker-speaker terbaik dari beberapa negara untuk berinteraksi dengan teman-teman di Unpam ini,” tegas legislator daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I tersebut.

Hal senada juga disampaikan Anggota BKSAP DPR RI Gilang Dhiela Fararez. Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, BKSAP menjadi jembatan bagi Unpam untuk bisa menjalin kerja sama dengan universitas-universitas di negara lain, tidak hanya kerja sama dengan kampus-kampus di dalam negeri.

“Kerja sama ini penting agar bisa membuat UNPAM bisa menjadi lebih bagus lagi dari sisi edukasinya, dan fasilitas ke depannya. Kita kan di BKSAP ada lebih dari seratus group kerja sama bilateral dengan parlemen-perlemen negara lain dan ini akan menjadi tugas diplomasi kita salah satunya membuka akses kampus-kampus di luar negeri agar bisa bekerja sama dengan kampus di Indonesia salah satunya Unpam,” ujar Gilang.

Diplomasi Parlemen yang dilakukan oleh BKSAP juga memiliki potensi sebagai konektor dan fasilitator antara potensi pendidikan yang dimiliki oleh kampus nasional dengan kampus internasional, baik pada saat kunjungan kerja ataupun pada saat menghadiri sidang-sidang internasional. (ndi)

  • Bagikan