Kominfo Klaim Sedang Upaya Keras Puluhkan Jaringan Telekomunikasi Akibat Erupsi Semeru

  • Bagikan
komifo
Dapak guguran awan panas Erupsi Semeru/Nettttt
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan operator telekomunikasi saat ini sedang berupaya memulihkan jaringan di sekitar lokasi Gunung Semeru, Jawa Timur.

“Saat ini tim sedang mencari cadangan jaringan yang tersedia dan mencari jalur alternatif yang terdekat dengan jalur existing untuk pemulihan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (5/12).

Letusan Gunung Semeru mengakibatkan gangguan pasokan arus listrik dan layanan telekomunikasi di sejumlah lokasi. Infrastruktur telekomunikasi milik operator seluler juga terdampak erupsi.

“Proses pemulihan sedang dilakukan, namun terkendala kondisi wilayah yang masih berbahaya,” kata Dedy.

Menurut data terbaru dari Kominfo, beberapa lokasi menara base transceiver station (BTS) milik Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren terganggu karena pemadaman listrik oleh PLN.

Operator seluler tersebut sedang melakukan pemulihan dan mitigasi seperti menyediakan cadangan genset.

Operator telekomunikasi antara lain Telkom, Fiberstar dan Biznet juga mengalami gangguan akibat erupsi Gunung Semeru.

Laporan yang diterima Kementerian Kominfo dari ketiga operator tersebut, erupsi memutus jaringan tulang punggung (backbone) kabel telekomunikasi.

Tim mereka saat ini sedang berupaya memulihkan jaringan, namun, mengalami kendala karena status di beberapa lokasi masih bahaya dan belum bisa dilakukan kegiatan apa pun.

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus pada Sabtu (4/12) sore, meluapkan awan panas dan abu vulkanik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ada dua kali guguran lava pijar setelah letusan Gunung Semeru. Status Gunung Semeru per 4 Desember adalah waspada.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan hingga pagi ini, letusan Gunung Semeru menelan 13 korban jiwa dan puluhan orang lainnya terluka.

Saat ini sekitar 902 warga mengungsi di sekolah dan balai desa.[prs]

  • Bagikan