Kementan Sumut Siap Melepas Gebyar Ekspor 2021

  • Bagikan
Kementan Sumut Siap Melepas Gebyar Ekspor 2021
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Pertanian berencana melakukan pelepasan ekspor besar-besaran dari Sumatra Utara (Sumut), di penghujung 2021.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan Lenny Hartati Harahap mengatakan, pelepasan ekspor tersebut akan dilakukan di Pelabuhan Belawan pada 30 Desember 2021.

“Pelepasan ekspor di Belawan ini merupakan bagian dari Gebyar Ekspor 2021 yang menjadi agenda Kementerian Pertanian,” kata Lenny usai beramah-tamah dengan para jurnalis di Aula Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, Jumat (24/12/2021).

Lenni menuturkan, Kementerian Pertanian akan melaksanakan pelepasan ekspor dengan tajuk Gebyar Ekspor 2021.

Secara nasional, pelepasan ekspor akan dipusatkan di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

Kegiatan ini juga akan dilaksanakan secara serentak di 32 pintu ekspor di seluruh Indonesia, termasuk Pelabuhan Belawan.

Menurut Lenny, saat ini pihaknya sedang menjalin komunikasi yang intensif dengan Forkopimda Sumut dalam memersiapkan kegiatan tersebut.

Rencananya, pelepasan ekspor akan dilakukan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama unsur Forkopimda lainnya.

Persiapan teknis lain juga sedang dilakukan.

Pihaknya ingin agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, karena menjadi salah satu momentum penting dalam Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Apalagi Sumut kini telah menjelma menjadi salah satu kekuatan ekspor pertanian secara nasional.

BPS mencatat, sepanjang semester I/2021, nilai ekspor komoditas pertanian dari Sumut mencapai Rp13,51 triliun.

Nilai itu melonjak hingga 43,33% dari periode yang sama tahun 2020 yang masih sebesar Rp9,42 triliun.

Lonjakan nilai ekspor tersebut menjadi tanda bahwa sektor pertanian telah menopang ekonomi Sumut secara signifikan di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Dikatakan Lenny, total nilai komoditas ekspor pertanian dari Sumut yang akan dilepas pada penghujung tahun nanti mencapai lebih dari Rp2 triliun.

Nilai itu menjadi yang terbesar dari seluruh titik pelepasan Gebyar Ekspor 2021 yang secara keseluruhan sekitar Rp10 triliun.(MT)

  • Bagikan