Jokowi Minta BUMN dan Swasta Libatkan BUMDes Dalam Kegiatan Bisnis

  • Bagikan
jokowi
Presiden RI Joko Widodo (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta melibatkan Badan Usaha Milik desa (BUMDes) dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.

Hal tersebut diutarakan Presiden Jokowi dalam acara “Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional BUM Desa”, di Jakarta, Senin, sebagaimana disaksikan secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (20/12).

“Saya nanti akan pesan kepada usaha-usaha swasta maupun BUMN baik pertambangan maupun perkebunan dan lain-lain yang di desa-desa, untuk mengikutkan BUM Desa dalam kegiatan-kegiatan mereka,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menginginkan BUM Desa tidak hanya menjadi penonton dalam kegiatan perusahaan BUMN dan swasta.

“Jangan yang di desa hanya jadi penonton, truk lalu lalang, (membawa) hasil-hasil perkebunan yang gede-gede, rakyat hanya menonton, melihat tambang diambil keluar dari desa, rakyat hanya melihat saja. Libatkan, nanti saya sampaikan dengan tegas melibatkan BUM Desa bersama dalam kegiatan mereka,” ujar Presiden.

Presiden pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa sejak 2014 pemerintah telah berkomitmen membangun Indonesia dari pinggiran dan perbatasan, serta tidak lagi Jawa sentris, melainkan Indonesia sentris.

“Yang kita bangun bukan hanya yang gede-gede saja, yang besar-besar saja, jalan tol, pelabuhan, bandara. Tapi juga jalan-jalan di kampung, jalan di desa, embung di desa dan memperbaiki pasar-pasar rakyat yang ada di desa,” jelasnya.[prs]

  • Bagikan