Dasco Minta Pemerintah Lakukan Langkah Cepat Tanggulangi Musibah Erupsi Semeru

  • Bagikan
dasco
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, angkat bicara mengenai tragedi erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Dia pun menyampaikan rasa prihatin dan duka kepada masyarakat yang menjadi korban terdampak erupsi.

“Dengan terjadi erupsi Gunung Semeru ini, tentunya kami sampaikan prihatin dan duka cita yang mendalam bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak dan berada diradius erupsi,” kata Dasco dalam keterangannya, Minggu (5/12).

Lebih lanjut, Dasco meminta kepada Pemerintah Pusat, BNPB, TNI/Polri dan pemerintah setempat untuk melakukan langkah-langkah cepat guna menanggulangi musibah ini.

“Terutama melakukan penyelamatan dan evakuasi bagi para warga yang ada di sekitar Gunung Semeru,” pintanya.

Kemudian, politikus Gerindra ini juga meminta agar segera membuat posko-posko darurat, menyediakan kebutuhan pokok, baik sandang dan pangan serta obat-obatan yang diperlukan oleh para warga.

Legislator Dapil Banten III ini juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan ia berharap semoga bencana ini lekas berlalu.

“Kami meminta kepada masyarakat agar tetap waspada. Semoga musibah ini segera berlalu dan kita semua diberikan kekuatan serta ketabahan oleh-Nya, khususnya bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak,” harap Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.

Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, meletus dengan mengeluarkan lava dan suara gemuruh sejak Jumat (3/12).

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, di Jakarta, Minggu, mengatakan hingga Minggu pukul 09.20 WIB letusan Gunung Semeru telah menyebabkan 13 warga meninggal dunia.

Letusan Puncak Mahameru tersebut juga mengakibatkan puluhan orang terluka dan harus menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan.

Menurut data BNPB, tercatat sebanyak 41 orang terluka telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal dan kemudian dirujuk ke RSUD Haryoto dan Rumah Sakit Bhayangkara.

BPBD Kabupaten Lumajang dan tim gabungan masih melakukan evakuasi kepada warga terdampak serta mencari warga hilang akibat letusan Gunung Semeru.[prs]

  • Bagikan