CNN Pecat Chris Cuomo, Ini Alasannya

  • Bagikan
CNN Pecat Chris Cuomo, Ini Alasannya
/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Stasiun televisi CNN telah memecat jangkar berita Chris Cuomo di tengah penyelidikan terhadap upayanya membantu kakak kandungnya, mantan gubernur New York Andrew Cuomo yang menghadapi tuduhan melakukan pelecehan seksual.

Pemecatan itu diumumkan oleh CNN pada Sabtu (4/12/2021), setelah “informasi tambahan” muncul saat penyelidikan berlangsung terhadap jurnalis televisi Amerika Serikat tersebut.

Chris, yang biasanya membawakan acara berita yang paling diminati pemirsa CNN pada jam tayang utama, sebelumnya dinyatakan diskors oleh CNN pada Selasa (30/11/2021).

Chris pada Mei mengaku bahwa ia telah melanggar beberapa aturan jaringan berita kabel itu dengan memberi nasihat kepada sang kakak, Andrew Cuomo, soal bagaimana menangani tuduhan pelecehan seksual itu dari kaca mata humas.

Andrew Cuomo, 63 tahun, pada Agustus mundur dari jabatannya sebagai gubernur setelah dikenai sejumlah tuduhan melakukan pelecehan seksual. Ia membantah melakukan kesalahan.

Tuntutan pidana yang mendakwa Andrew Cuomo melakukan pelanggaran seks ringan diajukan pada 29 Oktober di pengadilan New York.

“Chris Cuomo awal pekan ini diskors sambil menunggu evaluasi lebih lanjut menyangkut informasi baru yang muncul soal keterlibatannya dalam pembelaan kakaknya,” kata CNN melalui pernyataan, Sabtu (4/12/2021).

Di Twitter, Chris (51 tahun) mengatakan ia kecewa.

“Bukan seperti ini akhir yang saya inginkan bersama CNN tapi saya sudah bilang kenapa dan bagaimana waktu itu saya membantu kakak saya,” katanya.

Dalam jurnalistik, seseorang dianggap melanggar etika jika orang yang bersangkutan memanfaatkan posisinya untuk memberikan nasihat atau melakukan penyelidikan berdasarkan kepentingan pribadi.

Chris pada awalnya dikenai skors setelah Jaksa Agung New York Letitia James mengungkapkan ada pesan singkat dan beberapa pesan lainnya yang ia buat.

Pesan-pesan itu menguak pergerakan Chris bahwa ia sedang berusaha memanfaatkan sumber-sumbernya di media massa untuk mencari tahu informasi soal kasus pelecehan tersebut beserta perempuan-perempuan yang terkait di dalamnya.

Andrew Cuomo, yang berasal dari Partai Demokrat, tahun lalu selama pandemi COVID-19 menjadi terkenal karena rajin menggelar konferensi pers soal bagaimana negara bagian yang ia pimpin, New York, menangani wabah tersebut.

Ia kemudian kerap muncul dalam program berita yang dibawakan oleh sang adik Chris Cuomo.

Chris sendiri, yang sempat terpapar COVID-19 dan mengarantina diri di ruangan bawah tanah, sering mengikuti acara jumpa pers yang digelar Andrew.

Ayah dua bersaudara itu, Mario Cuomo, adalah mantan gubernur New York. (rtr/ant/ndi)

  • Bagikan