AirNav Sebut Erupsi Semeru Tak Ganggu Pelayanan Navigasi Penerbangan

  • Bagikan
erupsi
Erupsi Semeru/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – AirNav Indonesia menyatakan erupsi Gunung Semeru tak menimbulkan dampak besar terhadap operasional pelayanan navigasi penerbangan, baik di Cabang Surabaya, Cabang Denpasar, Cabang Semarang, Cabang Yogyakarta maupun Cabang Solo.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menyebut hal tersebut disimpulkan usai dilakukan pantauan pilot yang melintas menuju Denpasar. Ia menyebut debu vulkanik tidak terlihat karena tertutup awan tebal.

“Sampai berita ini disampaikan Sabtu (4/12) pukul 17.30 WIB, tidak ada dampak signifkan aktivitas erupsi Gunung Semeru terhadap operasional pelayanan navigasi penerbangan oleh AirNav Indonesia,” ujar dia lewat rilis, Sabtu (5/12).

Meskipun tidak ada dampak signifikan, namun Rosedi menyebut pihaknya tetap melakukan tiga langkah antisipasi. Pertama, AirNav Indonesia Cabang Surabaya dengan ACC MATSC dan JATSC serta Cabang Denpasar untuk sementara waktu disarankan tidak melawati W-33/South of SBR.

Kedua, berkoordinasi dengan pihak Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang dan Bandara Juanda di surabaya untuk melakukan paper test.

Ketiga, hasil koordinasi semua pesawat yang menuju timur (Denpasar, Lombok, dan Kupang) dan sebaliknya dilewatkan utara SBR.

Terpisah, dua maskapai nasional, yakni PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indonesia AirAsia menyatakan hingga Minggu (5/12) siang tidak ada kendala atau perubahan operasional penerbangan akibat erupsi Gunung Semeru.

“Engga ada (perubahan operasional), masih aman,” jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.[prs]

  • Bagikan