Ungkap Kondisi Kesehatannya Terkini, SBY Terima Kasih ke Jokowi dan Megawati

  • Bagikan
sby
SBY/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan kondisi kesehatannya terkini usai menjalani operasi pengangkatan kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Dalam kesempatan itu, SBY mengucapkan terima kasih kepada sejumlah tokoh, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.

“Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas kepedulian, perhatian, dan bantuannya,” kata SBY dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram milik mendiang istrinya Ani Yudhoyono @aniyudhoyono, Selasa (23/11).

“Saya juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima RI atas perhatian, kepedulian, dan doa baik beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini,” tambahnya.

Selain itu, SBY juga menyampaikan terima kasih atas semua doa yang disampaikan melalui telepon, media sosial, acara doa bersama, maupun menemuinya secara langsung di Rochester agar pengobatannya berlangsung dengan baik.

SBY juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden ke-11 RI Boediono atas doa yang telah disampaikan kepada dirinya dan keluarga.

Terkait kondisi kesehatannya terkini, SBY menerangkan telah menjalani tindakan medis berupa operasi besar pengangkatan prostatnya yang mengandung sel-sel kanker.

Menurutnya, operasi itu telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ekspektasi tim dokter.

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi, baik tim Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri,” kata Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu.

Dia mengatakan saat ini masih menjalani proses pemulihan pasca-operasi. Sejauh ini, menurutnya, tim dokter menyimpulkan pengobatan kanker prostat yang ia alami sesuai perkiraan.

“Pihak Mayo Clinic juga berpendapat demikian setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya, maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme pada saatnya apa yang saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal,” ucapnya.

SBY menambahkan, semua proses yang dilaluinya bisa berjalan dengan lancar karena pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, teknologi, metodologi, serta keterampilan tim dokter.

Ia pun menyatakan akan mematuhi semua proses yang akan dijalani sebagai pasien di Mayo Clinic.

Sebelumnya, SBY didiagnosis menderita kanker prostat berdasarkan pemeriksaan metode Magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan.

Saat menjalani operasi di Mayo Clinic, SBY didampingi oleh dua putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) serta dua orang menantunya.[prs]

  • Bagikan