Tertimpa Material Longsoran Tanah di Cianjur, Tiga Warga Alami Luka Serius

Ampekkoto, Pondasi Jalan Nasional, Pergerakan Tanah

Realitarakyat.com – Sepuluh warga terluka karena tertimpa longsoran tanah di Desa Sukagalih, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

“Informasinya tiga orang mengalami luka serius sehingga dirujuk ke rumah sakit di Sukabumi, sedangkan tujuh orang lainnya mengalami luka sedang dan ringan akibat tertimpa material longsor berupa batu dan tanah,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur Rudi Labis, seperti dikutip Antara, Minggu (21/11/2021).

Menurut dia, warga yang tertimpa longsoran tanah sudah mendapatkan pertolongan medis dari petugas kesehatan.

Kepala Desa Sukagalih Dadan Sujana menuturkan bahwa tiga warga yang terluka berat masih menjalani perawatan di RSUD R Syamsuddin SH atau RSUD Bunut di Sukabumi sedangkan tujuh orang lainnya sudah mendapat bantuan medis dari petugas puskesmas setempat.

“Tujuh orang hanya mengalami luka ringan, sedangkan tiga orang lainnya mengalami luka cukup parah karena saat tebing kembali longsor mereka berada tepat di depan tebing sehingga tidak sempat menghindar,” katanya.

Menurut dia, mereka tertimpa longsoran tanah saat bekerja bakti memperbaiki saluran irigasi.

“Kami tidak menyangka kalau tebing akan kembali longsor, karenanya pagi tadi warga sengaja kerja bakti untuk membersihkan material longsor yang menutup saluran irigasi,” katanya. (ndi)