Saat Operasi Zebra, Polisi Sosialisasikan Uji Emisi pada Pengendara

  • Bagikan
Polda Papua, Operasi Zebra
Ilustrasi/ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Aparat kepolisian melakukan sosialisasi terkait uji emisi bagi terhadap para pengendara saat menggelar Operasi Zebra Jaya 2021 yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Pusat. Sosialisasi tersebut, dilakukan Senin (15/11) hingga 28 November 2021. Kegiatan ini, merupakan bagian dari tugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Demikian dikemukakan Kasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

“Kita membantu (sosialisasi) bahwa operasi penertiban uji emisi itu kita ikuti. Kita informasikan uji emisi itu perlu peralatan khusus untuk mengukur (zat) timbal yang ada,” katanya.

Purwanta menjelaskan bahwa saat ini sosialisasi uji emisi terhadap kendaraan bermotor masih terus dilakukan.

Dengan begitu, masyarakat mendapatkan informasi yang cukup terkait kendaraan yang wajib memenuhi standar kelayakan emisi karbon yang dihasilkan, sebelum sanksi tilang diberlakukan pada Januari 2022.

“Sehingga masyarakat tidak kaget masalah penertiban hukum uji emisi. Kalau masyarakat belum mengerti benar, nanti kita ajukan sosialisasi tahap kedua,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengaku pihaknya menggenjot sosialisasi uji emisi kendaraan bermotor kepada para pengendara khususnya saat Operasi Zebra Jaya, 15-28 November 2021.

“Selama ini sosialisasi uji emisinya sudah jalan, tidak ada masalah,” kata Fadil.

Pemprov DKI Jakarta awalnya akan menerapkan sanksi bukti pelanggaran terhadap kendaraan yang belum atau tidak diuji emisi kendaraan mulai 13 November 2021.

Namun, mencermati realisasi uji emisi kendaraan bermotor yang masih rendah dan belum mencapai 50 persen, penerapan sanksi ditunda dan rencananya awal 2022. (ndi)

  • Bagikan