Panitia Klaim Mundurnya Muktamar NU Murni Karena Pandemi Covid

  • Bagikan
kiai
Muktamar NU/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mundurnya agenda Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 yang semestinya digelar 23-25 Desember 2021 di Lampung diklaim murni karena alasan pandemi Covid-19.

“Murni karena alasan pandemi, pemerintah akan menerapkan PPKM untuk mencegah penularan Covid-19 di libur akhir tahun,” kata Ketua Steering Committee (SC) alias Panitia Pengarah Muktamar NU ke-34 Muhammad Nuh, saat dikonfirmasi Jumat (19/11).

PBNU, kata dia, mendukung kebijakan pemerintah pemerintah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, jelang Natal hingga Tahun Baru tersebut.

Penundaan Muktamar NU itu, kata M. Nuh, juga masih sesuai dengan hasil Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) NU yang telah digelar sebelumnya.

“Dalam forum tersebut memutuskan jadwal pelaksanaan Muktamar, juga ada klausul pelaksanaan Muktamar dengan persetujuan pemerintah dengan mempertimbangkan urusan pandemi Covid-19,” ujar mantan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI ini.

Meski begitu, kata Nuh, keputusan selanjutnya, soal kapan muktamar ke-34 jadi digelar, hal itu akan dibahas oleh Ketua Umum dan Sekjen, Rais Aam dan Katib Aam PBNU.

“Insyaallah dalam waktu dekat akan dibahas,” ucapnya.

Yang pasti, dirinya sebagai SC, yang bertanggungjawab pada materi muktamar serta Organizing Committe (OC) yang menangani teknis pelaksanaannya, siap untuk menggelar Muktamar NU kapan pun sesuai keputusan PBNU.[prs]

  • Bagikan