Panglima TNI Pastikan Kesiapan Lombok Tengah jadi Tuan Rumah 3 Lomba Balap Dunia

  • Bagikan
tiket
Sirkuit Mandalika/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memastikan kesiapan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi tuan rumah tiga lomba balap skala dunia yang akan berlangsung pada tahun ini dan awal 2022.

Panglima menyampaikan pemerintah daerah setempat bersama seluruh pihak wajib menjaga masyarakat serta peserta acara disiplin menjaga protokol kesehatan (prokes) sebelum, selama, dan setelah acara berlangsung.

“Sesuai laporan, Nusa Tenggara Barat khususnya Kabupaten Lombok Tengah capaian vaksinasinya sudah sesuai standar yaitu 80 persen dosis pertama dan 50,5 persen dosis kedua,” kata Hadi di Lombok, Minggu, sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya, Ahad (7/11).

Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, dijadwalkan menjadi tuan rumah tiga kompetisi olahraga skala dunia pada tahun ini dan awal tahun depan.

Kompetisi balap yang akan berlangsung di Mandalika, yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12-14 November 2021, FIM MOTUL World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021, dan FIM MotoGP World Championship (MotoGP) Seri Indonesia pada Maret 2022.

Panglima TNI, saat meninjau kesiapan acara bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan 3 acara itu dapat sukses terselenggara jika ada kerja sama antarpemangku kepentingan.

“Kerja sama ini telah berjalan dengan baik antara pemerintah daerah, dinas kesehatan, TNI dan Polri serta elemen terkait lainnya untuk menekan laju penularan COVID-19 di Lombok Tengah,” sebut Panglima.

Ia lanjut mengapresiasi kinerja pemerintah setempat yang berhasil menekan laju penyebaran COVID-19 jelang berlangsungnya acara.

“Saat ini tren kita sudah baik, positivity rate-nya juga turun. Saya tekankan kita tetap menjaga agar tidak terjadi penularan COVID-19 gelombang ke-3 seperti yang sudah melanda beberapa negara,” terang Hadi.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh pihak menaati prosedur, termasuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan memastikan pemeriksaan kesehatan dan dokumen terkait berjalan sesuai ketentuan.

“Kami yakin pelaksanaan 3 event besar, salah satunya pelaksanaan seri MotoGP dalam waktu dekat dapat terselenggara dengan sukses seperti yang telah kita lakukan saat pelaksanaan PON XX di Papua,” tegas Panglima TNI.

  • Bagikan