Lima Kecamatan di Wonosobo Masuk Prioritas Pengentasan Kemiskinan

  • Bagikan
Lima Kecamatan di Wonosobo Masuk Prioritas Pengentasan Kemiskinan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menetapkan sasaran prioritas pengentasan kemiskinan ekstrem di lima kecamatan, yakni Mojotengah, Kertek, Kalikajar, Sapuran, dan Kepil.

Sekda Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo mengatakan, kelima kecamatan tersebut menjadi fokus penanganan kemiskinan ekstrem sebagai upaya menekan angka kemiskinan, sekaligus tindak lanjut dari program nasional dan Pemprov Jawa Tengah.

Wonosobo merupakan salah satu dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masih memiliki warga dalam kategori miskin ekstrem.

“Kemiskinan ekstrem merupakan kondisi di mana masyarakat berada di bawah garis kemiskinan atau setara dengan pendapatan per hari per kepala keluarga sebesar Rp 11.000,” katanya pada rapat koordinasi penanganan kemisikinan ekstrem di Wonosobo, Rabu (17/11).

Menurut dia, dari kelima kecamatan tersebut, masing-masing akan menetapkan lima desa sebagai sasaran prioritas untuk mengidentifikasi penentuan fokus penanganan.

“Kecamatan dan desa kami arahkan untuk melakukan verifikasi dan validasi data rumah tangga miskin yang dinilai layak untuk menjadi sasaran penanganan kemiskinan ekstrem,” katanya.

Ia menyampaikan verifikasi dan validasi data akan dilakukan terhadap 927 keluarga dengan menggandeng tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan tenaga program keluarga harapan (PKH).

Ia menjelaskan pemkab akan membolehkan pemerintah desa menambah dana bantuan sosial sesuai data riil di lapangan, baik rumah tangga miskin yang sudah masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) maupun yang belum masuk.

Pemkab Wonosobo memiliki tantangan dalam upaya menurunkan angka kemiskinan mengingat anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) masih terbatas.

“Hal ini menuntut kami untuk melakukan langkah-langkah yang ekstra, salah satunya pemerintah desa harus bisa lebih efektif dan efisien dalam alokasi anggaran dan memprioritaskan pengentasan kemiskinan,” katanya.

  • Bagikan