Kalah TKO dari Crawford, Shawn Porter Putuskan Gantung Sarung Tinju

  • Bagikan
Kalah TKO dari Crawford, Shawn Porter Putuskan Gantung Sarung Tinju
Shawn Porter Gantung Sarung Tinju /NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Shawn Porter mengumumkan gantung sarung tinju alias pensiun setelah kalah technical knockout (TKO) pada ronde 10 dari Terence Crawford di Mandalay Bay Resort & Casino, Las Vegas, Sabtu (20/11/2021) atau Minggu WIB.

Kekalahan dari Crawford itu juga sekaligus membuat Porter gagal menyandang gelar juara dunia kelas welter (66,6kg) versi WBO.

“Saya siap mengumumkan pengunduran diri saya malam ini, menang, kalah, atau seri. Bahkan jika itu (hasil duel) seri, saya tidak akan melakukannya lagi. Saya mengumumkan pensiun saya sekarang,” kata Porter dalam konferensi pers usai pertandingan melawan Crawford, seperti dilansir kanal YouTube, Top Rank Boxing, Minggu (21/11/2021).

“Setelah bertarung dengan semua orang yang berada di puncak karier, apa lagi yang bisa saya lakukan? Saya bukan orang yang ingin menjalani kehidupan sebagai petinju yang bertarung di usia 40-an,” tambah Porter yang saat ini berusia 34 tahun.

Sepanjang kariernya, Porter telah melakoni duel dengan petinju terbaik di divisi welter, antara lain mengalahkan Paulie Malignaggi, Adrien Broner dan Danny Garcia.

Secara keseluruhan, Porter telah melakoni 36 pertandingan sejak debut profesionalnya pada 3 Oktober 2008. Dia pernah menyabet gelar IBF saat menang angka melawan Devon Alexander di Barclays Center, Brooklyn, pada 7 Desember 2013.

Dia tercatat satu kali mempertahankan titel tersebut atas Paulie Malignaggi pada 19 April 2014 sebelum akhirnya kalah dari Kell Brook pada 16 Agustus 2014.

Kemudian, dia bangkit dan kembali menyandang gelar juara dunia usai mengalahkan Danny Garcia dalam perebutan titel WBC di Barclays Center pada 8 September 2018.

Namun, lagi-lagi dia hanya mampu satu kali mempertahankan titel tersebut atas Yordenis Ugas pada 9 Maret 2019. Setelah itu, Porter kalah dari Errol Spence Jr dalam duel penyatuan gelar IBF dan WBC di Staples Center, Los Angeles pada 28 September 2019.

Selain Crawford, petinju yang juga pernah mengalahkan Porter adalah Kell Brook (16 Agustus 2014), Keith Thurman (25 Juli 2016) dan Errol Spence Jr (28 September 2019). Semuanya berakhir dengan angka.

“Saya tahu bahwa Errol Spence Jr akan menjadi pertarungan terakhir saya, dan saya tahu itu pada 2017 ketika dia memenangkan pertandingan. Tapi setelah kami bertarung, saya merasa ada sesuatu yang lain, dan sesuatu yang lain adalah Terence Crawford. Saya telah memberikan banyak hal pada olahraga ini,” ujar Porter. (ndi)

  • Bagikan